PENGEMBANGAN MOJAM (MODUL AJAR MATEMATIKA) BERMUATAN KOMUNIKASI MATEMATIS BAGI SISWA SEKOLAH DASAR

KASANAH, NUR (2025) PENGEMBANGAN MOJAM (MODUL AJAR MATEMATIKA) BERMUATAN KOMUNIKASI MATEMATIS BAGI SISWA SEKOLAH DASAR. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)_34302100083_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (109kB)
[img] Text
Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)_34302100083_fullpdf.pdf

Download (3MB)

Abstract

Pendidikan adalah tuntutan di dalam hidup tumbuhnya anak-anak. Keberhasilan proses pendidikan bergantung pada bagaimana sistem pendidikan tersebut dilaksanakan. Proses pendidikan dapat dilaksanakan dengan mengubah kurikulum sesuai jenjang mata pelajaran umum dan khusus. Matematika merupakan salah satu mata pelajaran di sekolah, mulai dari taman kanak-anak (TK) sampai Universitas. Tetapi, masih banyak siswa yang mengalami kesulitan dalam memahami materi akibat modul ajar yang masih abstrak, menjadikan penyampaian materi kurang sistematis dan tidak relevan dengan kebutuhan siswa, ditambah lagi siswa juga masih kesulitan dalam menyampaikan ide baik secara lisan, tertulis, dan visual. Seiring perkembangan zaman dengan mengembangkan modul ajar matematika bermuatan komunikasi matematis menjadi alternatif bagi guru untuk mengoptimalkan pembelajaran dan mendukung komunikasi matematis siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan modul ajar menggunakan model ADDIE yang terdiri atas lima tahap yaitu analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Hasil uji kelayakan menunjukkan bahwa modul ajar sangat layak digunakan. Berdasarkan hasil validasi ahli materi memperoleh skor 43 dengan persentase 86%, dan validasi ahli desain memperoleh skor 52 dengan persentase 94% (kategori “Sangat Layak”). Sedangkan uji kepraktisan dari angket respon guru memperoleh skor 48 dengan persentase 96%. Dengan begitu, modul ajar terbukti kelayakan dan kepraktisan untuk digunakan di sekolah dasar. Kata Kunci: Pendidikan, Modul Ajar Matematika, Komunikasi Matematis

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Pustakawan 4 UNISSULA
Date Deposited: 07 Jul 2025 06:08
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/40811

Actions (login required)

View Item View Item