MAULIDA, NILNA (2025) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) BERBASIS REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION (RME) PADA MATERI PENYAJIAN DATA DI KELAS V SEKOLAH DASAR. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.
![]() |
Text
Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)_34302100081_pernyataan_publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (442kB) |
![]() |
Text
Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)_34302100081_fullpdf.pdf Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini berfokus pada pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Realistic Mathematics Education (RME). Hal ini didasari oleh rendahnya hasil belajar matematika peserta didik yang diakibatkan oleh kesulitan peserta didik dalam memahami soal dan materi. Penelitian ini menggunakan model penelitian Research and Development dengan metode ADDIE. Tujuan dari penelitian ini yaitu: 1) untuk mengembangkan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Realistic Mathematics Education (RME) Pada Materi Penyajian Data Untuk Kelas V Sekolah Dasar, 2) untuk mendeskripsikan kevalidan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Realistic Mathematics Education (RME) Pada Materi Penyajian Data Untuk Kelas V Sekolah Dasar, 3) untuk mendeskripsikan kepraktisan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Realistic Mathematics Education (RME) Pada Materi Penyajian Data Untuk Kelas V Sekolah Dasar. Hasil dari penelitian ini adalah : 1) Tahapan yang digunakan dalam penelitian terdiri atas lima tahapan yaitu: a) analysis (analisis) meliputi analisis kebutuhan, analisis materi dan analisis kurikulum, b) design (desain) meliputi pembuatan desain LKPD, mencari sumber yang relevan mencari rancangan soal dan menyusun lembar angket validasi dan kepraktisan, c) development (pengembangan) meliputi mengembangkan rancangan produk yang tah didesain, uji validasi produk, dan revisi produk, d) implementation (Implementasi) meliputi uji coba produk dan pengambilan data untuk uji kepraktisan, e) evaluate (evaluasi) meliputi evalusi dari hasil kritik, saran dan komentar dari validator dan responden. 2) Produk LKPD berbasis RME dinyatakan “sangat valid” dibuktikan dengan hasil validasi ahli materi dengan rata-rata 70 dan persentase 88%, serta hasil dari validasi ahli media dengan rata-rata 75 dan persentase 93%. 3) Produk LKPD berbasis RME dinyatakan “sangat praktis” dibuktikan dengan hasil uji kepraktisan angket respon guru dengan rata-rata 116 dan persentase 96% dan hasil uji kepraktisan dari angket respon peserta didik dengan rata-rata 59 dan persentase 82% Kata Kunci: Lembar Kerja Pesera Didik; RME; Kelas V
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Pustakawan 4 UNISSULA |
Date Deposited: | 07 Jul 2025 06:10 |
URI: | http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/40809 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |