EFEKTIFITAS PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA PADA MATA PELAJARAN IPAS KELAS IV SDN WONOWOSO 1

AKMAL, MUFTI NUR (2025) EFEKTIFITAS PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA PADA MATA PELAJARAN IPAS KELAS IV SDN WONOWOSO 1. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)_34302100075_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (52kB)
[img] Text
Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)_34302100075_fullpdf.pdf

Download (4MB)

Abstract

Pembelajaran berdiferensiasi diperlukan dalam kegiatan pembelajaran dikelas agar siswa tidak mengalami kesenjangan pemahaman yang disampaikan oleh pendidik. Penelitian ini bertujuan untuk menciptakan lingkungan kelas yang menarik sehingga siswa termotivasi dan tidak merasa bosan ketika pembelajaran berlangsung sehingga dapat meningkatkan hasil kognitif siswa .Penelitian ini menggunakan kuantitatif dengan desain pre-eksperimental one-group pretest-posttest. Sampel dalam penelitian ini adalah sebagian siswa kelas IV SDN Wonowoso 1 yang berjumlah 20 siswa. Instrumen penelitian berupa soal pilihan ganda yang terdiri dari 20 soal pretest dan 20 soal posttest. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan rata-rata nilai yang diperoleh siswa antara pretest dan posttest. Nilai rata-rata pretest sebesar 47,00, sedangkan rata-rata posttest meningkat menjadi 75,75. Berdasarkan analisis menggunakan uji paired t-test, diperoleh nilai sig. (2-tailed) sebesar 0,000, yang menunjukkan sig. (2-tailed) < α (0,05). Dengan demikian, hipotesis nol (Ho) ditolak, sehingga dapat disimpulkan bahwa pembelajaran berdiferensiasi efektif di lakukan pada siswa Kelas IV SDN Wonowoso 1

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Pustakawan 4 UNISSULA
Date Deposited: 07 Jul 2025 06:18
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/40803

Actions (login required)

View Item View Item