EFEKTIFITAS MODEL PEMBELAJARAN STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION BERBANTUAN MEDIA JEOPARDY GAMES TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA KELAS V SDN KLEPU 05

AULIA, ANNISA ULFI (2025) EFEKTIFITAS MODEL PEMBELAJARAN STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION BERBANTUAN MEDIA JEOPARDY GAMES TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA KELAS V SDN KLEPU 05. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)_34302100039_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (58kB)
[img] Text
Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)_34302100039_fullpdf.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran STAD berbantuan media Jeopardy Games terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa pada materi pecahan, menggunakan metode kuantitatif dengan desain pre-experimental design (no-design) jenis one group pretest posttest design. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SDN Klepu 05 sebanyak 28 siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah soal uraian yang terdiri dari 10 soal pretest dan 10 soal posttest. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan rata-rata kemampuan pemecahan masalah matematika siswa setelah diberikan perlakuan, yaitu dari 50,75 pada pretest menjadi 69,57 pada posttest. Berdasarkan hasil perhitungan uji paired sample t-test melalui SPSS menyatakan bahwa nilai sig. (2-tailed) sebesar 0,000, yang mengindikasikan sig. (2-tailed) <α (0,05), maka H0 ditolak. Berdasarkan analisis uji gain yang membandingkan skor pretest dan posttest, menghasilkan rata-rata 0,68 dengan kategori sedang untuk peningkatan dan kategori efektif untuk keefektifan. Jadi dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran STAD berbantuan media Jeopardy Games efektif dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas V SDN Klepu 05. Kata Kunci: Efektivitas, STAD, Matematika, Jeopardy Games.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Pustakawan 4 UNISSULA
Date Deposited: 07 Jul 2025 03:27
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/40790

Actions (login required)

View Item View Item