PENGARUH METODE PEMBELAJARAN CONCRETE PICTORIAL ABSTRACK (CPA) TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATERI PECAHAN KELAS V SD ISLAM AL FATAH SEMARANG

LATHIFAH, ALFIN (2025) PENGARUH METODE PEMBELAJARAN CONCRETE PICTORIAL ABSTRACK (CPA) TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATERI PECAHAN KELAS V SD ISLAM AL FATAH SEMARANG. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)_34302100033_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (126kB)
[img] Text
Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)_34302100033_fullpdf.pdf

Download (1MB)

Abstract

Pembelajaran matematika merupakan suatu proses belajar mengajar yang melibatkan dua jenis kegiatan yang tidak dapat dipisahkan. Kegiatan penelitan pembelajaran matematika pada materi pecahan dilakukan di kelas V SD Islam Al Fatah. Tujuan utama penelitian ini adalah untuk mendapatkan pemahaman tentang bagaimana gaya mengajar yang tepat. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang menggunakan desain Quasi Experimental Design dengan jenis Non-Equivialent Control Group Design. Teknik pengambilan sampel yang peneliti lakukan menggunakan teknik Probability Sampling dengan berdasarkan kelas atau disebut Cluster Sampling. Sehingga dari kelas yang terdapat di kelas V SD Islam Al Fatah maka pada penelitian ini dipilih dua kelas yaitu kelas VA sebanyak 16 siswa sebagai kelas eksperimen (sampel) dan kelas VB sebanyak 15 siswa siswa sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian yang digunakan pada penelitian ini yaitu tes hasil belajar siswa sebanyak 13 soal berbentuk uraian yang terdiri dari soal pretest dan posstest. Hal ini dibuktikan oleh hasil rata-rata yang diperoleh antara hasil pretest dan posttest untuk kelas eksperimen dan kelas kontrol. Hasil olah data uji sampel ganda t menghasilkan sig. (2-tailed) 0,000 < 0,005. Ini menunjukkan bahwa Ho tidak diterima dan Ha diterima. Berdasarkan hasil penelitian ini, pendidik sangat disarankan untuk menggunakan metode pembelajran CPA saat mengajar siswa pada mata Pelajaran matematika. Diharapkan bahwa guru akan mampu mengajar matematika dengan cara yang lebih sesuai dengan dunia nyata anak-anak dengan menggunakan contoh dari benda nyata. Kata Kunci : Metode pemebajaran CPA, Pecahan, Sekolah Dasar

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Pustakawan 4 UNISSULA
Date Deposited: 07 Jul 2025 03:30
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/40787

Actions (login required)

View Item View Item