PEMAHAMAN SAINS MELALUI MODEL PEMBELAJARAN TEAM GAME TOURNAMENT (TGT) MENGGUNAKAN MEDIA INTERAKTIF AUGMENTED REALITY UNTUK SISWA KELAS V SDN 2 PUGUH

ALFANI, ZAHIDAH (2025) PEMAHAMAN SAINS MELALUI MODEL PEMBELAJARAN TEAM GAME TOURNAMENT (TGT) MENGGUNAKAN MEDIA INTERAKTIF AUGMENTED REALITY UNTUK SISWA KELAS V SDN 2 PUGUH. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)_34302100029_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (377kB)
[img] Text
Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)_34302100029_fullpdf.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji apakah penggunaan model pembelajaran Team Game Tournament (TGT) menggunakan media Augmented Reality berpengaruh terhadap pemahaman sains siswa kelas V. Sampel penelitian terdiri dari 12 siswa kelas V. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan desain Pre-Experimental Design dan skema One-Group Pretest-Posttest. Data dikumpulkan melalui pretest dan posttest, dengan teknik pengambilan sampel menggunakan metode sampling jenuh. Analisis data dilakukan dengan uji statistik parametrik, yaitu paired sample t-test. Hasil analisis data yang telah melalui uji normalitas menunjukkan bahwa data pretest dan posttest berdistribusi normal. Uji paired sample t-test menghasilkan nilai signifikansi (2- tailed) sebesar 0,000, yang lebih kecil dari 0,05. Dengan demikian, hipotesis nol (Ho) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penerapan model Team Game Tournament menggunakan media Augmented Reality berpengaruh terhadap pemahaman sains kelas V. Kata kunci: Pemahaman Sains; Team Game Tournament; Augmented Reality

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Pustakawan 4 UNISSULA
Date Deposited: 07 Jul 2025 03:39
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/40784

Actions (login required)

View Item View Item