PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP PECAHAN PADA SISWA KELAS IV SD NURUL QUR’AN

SAPUTRO, ARI WICAKSONO (2025) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP PECAHAN PADA SISWA KELAS IV SD NURUL QUR’AN. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)_34302100016_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (800kB)
[img] Text
Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)_34302100016_fullpdf.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya pemahaman siswa terhadap konsep pecahan yang cenderung bersifat abstrak dan sulit dipahami jika tidak disampaikan dengan pendekatan yang sesuai. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran kontekstual terhadap pemahaman konsep pecahan pada siswa kelas IV SD Negeri Tegalrejo 1 Salatiga. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan desain eksperimen semu (quasi experiment) menggunakan bentuk one group Pretest-Posttest design. Subjek penelitian berjumlah 20 siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui tes berupa soal Pretest dan Posttest yang telah divalidasi. Hasil analisis menunjukkan adanya peningkatan skor rata-rata dari Pretest sebesar 41,10 menjadi 82,20 pada Posttest. Uji Paired Sample t-Test menunjukkan signifikansi sebesar 0,001 (p < 0,05), yang berarti terdapat perbedaan yang signifikan sebelum dan sesudah perlakuan. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kontekstual berpengaruh secara signifikan terhadap peningkatan pemahaman konsep pecahan. Model ini terbukti mampu membuat siswa lebih aktif, terlibat secara langsung, dan mampu mengaitkan konsep matematika dengan pengalaman nyata mereka, sehingga proses pembelajaran menjadi lebih bermakna. Kata Kunci : Model pembelajaran kontekstual, pemahaman konsep, pecahan, siswa sekolah dasar.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Pustakawan 4 UNISSULA
Date Deposited: 07 Jul 2025 02:25
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/40776

Actions (login required)

View Item View Item