PENGARUH MODEL GAME BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA DIGITAL INTERAKTIF TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS IPAS SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR

KHODIJAH, NIDA HASANAH NUR (2025) PENGARUH MODEL GAME BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA DIGITAL INTERAKTIF TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS IPAS SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung.

[img] Text
Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)_34302100013_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (128kB)
[img] Text
Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)_34302100013_fullpdf.pdf

Download (5MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model Game Based Learning terhadap kemampuan berpikir kritis IPAS pada materi relief bumi. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan desaign penelitian Pre Experimental Desaign dengan bentuk On-Group Pretest-Posttest Desaign. Instrumen yang digunakan yaitu tes, dimana peneliti memberikan pretest dahulu kepada siswa sebelum diberikan perlakuan dan posttest setelah diberikan perlakuan. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh kelas V SDN Klepu 05 yang berjumlah 25 siswa. Pengambilan sampel menggunakan non probability sampling dengan jenis sampling jenuh, sehingga sampel menggunakan seluruh siswa kelas V SDN Klepu 05. Hasil analisis data menunjukkan pengaruh yang signifikan, dilihat dari hasil uji normalitas yang memperoleh hasil, untuk uji normalitas data pretest, nilai sig sebesar 0,416 dan normalitas data posttest nilai sig sebesar 0,50. Sehingga dari hasil tersebut tergolong pada nilai sig>0,005 yang menunjukkaan bahwa data berdistribusi normal. Selain itu dilihat juga dari uji paired sample t-test, yang memperoleh nilai sig sebesar <0,000. Hal ini menunjukkan bahwasannya nilai sig <0,05. Dengan demikian H0 ditolak H1 Diterima. Sehingga disimpulkan model pembelajaran Game Based Learning berbantuan media digital interaktif dapat berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kritis IPAS siswa kelas V SDN Klepu 05.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Pustakawan 4 UNISSULA
Date Deposited: 07 Jul 2025 02:15
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/40773

Actions (login required)

View Item View Item