MODEL PEMBELAJARAN MULTISENSORI (MULTISENSORY LEARNING) DALAM MENGATASI KESULITAN MEMBACA PERMULAAN BERBANTUAN APLIKASI KHAN ACADEMY KIDS PADA SISWA KELAS I SDN KEDALON 03

ANGGRAINI, NOVITA NUR (2025) MODEL PEMBELAJARAN MULTISENSORI (MULTISENSORY LEARNING) DALAM MENGATASI KESULITAN MEMBACA PERMULAAN BERBANTUAN APLIKASI KHAN ACADEMY KIDS PADA SISWA KELAS I SDN KEDALON 03. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung.

[img] Text
Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)_34302100012_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (47kB)
[img] Text
Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)_34302100012_fullpdf.pdf

Download (6MB)

Abstract

Penelitian dilakukan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh model pembelajaran multisensori (multisensory learning) berbantuan aplikasi khan academy kids terhadap kesulitan membaca permulaan pada siswa kelas I SDN Kedalon 03. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan desain metode one-group pretest-posttest design. Sampel yang diambil menggunakan non probability sampling dengan sampling jenuh. Dari sampel 17 siswa dan siswa ikut berpartisipasi semua. Hasil uji normalitas data menunjukkan hasil pretest dan hasil posttest normal dan berpengaruh terhadap hasil kesulitas membaca permulaan siswa pada muatan mata pelajaran bahasa indonesia. Nilai signifikansi pada pretest sebesar 0,062 > 0,05, sehingga dapat disimpulkan bahwa hasil pretest berdistribusi normal. Nilai signifikansi pada posttest sebesar 0,73 > 0.05, dan hasil posttest juga berdistribusi normal. Pada uji paired sample t – test nilai sig. dengan hasil 0,000 < 0,05. Nilai sig. (2 – tailed) < α maka HO ditolak. Sehingga dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran multisensori (multisensory learning) berbantuan aplikasi khan academy kids berpengaruh terhadap kesulitan membaca permulaan pada mata perlajaran bahasa indonesia siswa kelas I SDN Kedalon 03. Kata Kunci: Multisensori, Kesulitan Membaca Permulaan, Bahasa Indonesia, Sekolah Dasar, Khan Academy Kids.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Pustakawan 4 UNISSULA
Date Deposited: 07 Jul 2025 02:14
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/40772

Actions (login required)

View Item View Item