JULIANTI, SITI ADINDA FAHIRA (2025) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TAKE AND GIVE TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI SISWA KELAS V SDN 01 TAMBAKREJO SEMARANG. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.
![]() |
Text
Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)_34302100007_pernyataan_publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (367kB) |
![]() |
Text
Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)_34302100007_fullpdf.pdf Download (8MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Take and Give terhadap peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa kelas V di SDN 01 Tambakrejo Semarang pada mata pelajaran Matematika. Latar belakang dari penelitian ini adalah rendahnya partisipasi dan kemampuan komunikasi siswa dalam pembelajaran matematika yang cenderung bersifat satu arah dan didominasi oleh guru. Model Take and Give dipilih karena melibatkan siswa secara aktif dalam proses pembelajaran melalui aktivitas bertukar informasi menggunakan kartu materi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain pre-eksperimental tipe one group pretest-posttest. Subjek penelitian berjumlah 27 siswa. Data dikumpulkan melalui tes uraian dan wawancara, kemudian dianalisis menggunakan uji normalitas dan uji paired sample t-test. Hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh signifikan model pembelajaran Take and Give terhadap kemampuan komunikasi siswa dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05. Dengan demikian, model ini terbukti efektif dalam meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa sekolah dasar. Kata kunci: Model Take and Give, Kemampuan Komunikasi, Pembelajaran Matematika
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Pustakawan 4 UNISSULA |
Date Deposited: | 07 Jul 2025 02:21 |
URI: | http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/40767 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |