ANALISIS KONTRIBUSI PEMBELAJARAN ALAM TERBUKA TERHADAP KETERAMPILAN KOLABORASI SISWA DI SEKOLAH DASAR ALAM

KUSWANTO, SABAR (2025) ANALISIS KONTRIBUSI PEMBELAJARAN ALAM TERBUKA TERHADAP KETERAMPILAN KOLABORASI SISWA DI SEKOLAH DASAR ALAM. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)_34302100005_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (53kB)
[img] Text
Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)_34302100005_fullpdf.pdf

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi kontribusi pembelajaran alam terbuka dalam mengembangkan keterampilan 4C (Critical Thinking, Communication, Collaboration, dan Creativity) terutama pada aspek kolaborasi di Sekolah Dasar Alam Ungaran dan SD School of Life Lebah Putih. Dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan metode multiple case studies, data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan analisis dokumen. Penelitian ini menganalisis data pembelajaran alam terbuka (outdoor learning) di dua sekolah dasar berbasis alam dan menggunakan NVivo untuk mengidentifikasi coding utama seperti keterampilan 4C (Kolaborasi, Komunikasi, Berpikir Kritis, Kreativitas), kolaborasi, serta konsep sekolah alam. Hasil temuan menunjukkan bahwa pembelajaran outdoor mendorong pengembangan keterampilan abad 21, khususnya kolaborasi yang menjadi aspek dominan dalam interaksi siswa, guru, orang tua, serta komunitas sekitar. Kolaborasi ini terbukti memperkuat dinamika belajar yang produktif dan sosial secara keseluruhan. Pembelajaran alam terbuka (outdoor learning) di SD SAUNG dan SD School of Life Lebah Putih memperkuat keterampilan kolaborasi siswa, yang menjadi aspek dalam proses belajar. Aktivitas yang melibatkan kerja sama, seperti berkebun dan proyek kelompok, mendorong siswa untuk berbagi tanggung jawab dan menyelesaikan tugas secara bersama-sama, dengan dukungan aktif dari guru dan orang tua. Dengan demikian, pendekatan ini tidak hanya meningkatkan kemampuan kolaboratif siswa, tetapi juga menanamkan sikap saling menghargai dan tanggung jawab sosial dalam konteks kelompok. Kata Kunci: Pembelajaran Alam Terbuka, Keterampilan 4C, Kolaborasi, Sekolah Alam.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Pustakawan 4 UNISSULA
Date Deposited: 07 Jul 2025 02:25
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/40765

Actions (login required)

View Item View Item