Astuti, Hani Widy (2025) MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DENGAN PENDEKATAN INKUIRI BERBANTUAN APLIKASI KAHOOT TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA KELAS V. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.
![]() |
Text
Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)_34302100002_pernyataan_publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (49kB) |
![]() |
Text
Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)_34302100002_fullpdf.pdf Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menguji apakah penggunaan model pembelajaran Problem Based Learning dengan pendekatan inkuiri berbantuan aplikasi Kahoot berpengaruh terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa kelas V. Sampel penelitian terdiri dari 21 siswa kelas V. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan desain Pre-Experimental Design dan skema One-Group Pretest-Posttest. Data dikumpulkan melalui pretest dan posttest, dengan teknik pengambilan sampel menggunakan metode sampling jenuh. Analisis data dilakukan dengan uji statistik parametrik, yaitu paired sample t-test. Hasil analisis data yang telah melalui uji normalitas menunjukkan bahwa data pretest dan posttest berdistribusi normal. Uji paired sample t-test menghasilkan nilai signifikansi (2-tailed) sebesar 0,000, yang lebih kecil dari 0,05. Dengan demikian, hipotesis nol (Ho) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penerapan model Problem Based Learning dengan pendekatan inkuiri berbantuan aplikasi Kahoot berpengaruh terhadap peningkatan kemampuan pemecahan masalah siswa kelas V. Kata kunci: Problem Based Learning; Pendekatan Inkuiri; Kahoot; Kemampuan Pemecahan Masalah.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Pustakawan 4 UNISSULA |
Date Deposited: | 07 Jul 2025 02:28 |
URI: | http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/40762 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |