PENGGUNAAN GAYA BAHASA IKLAN SKINCARE PADA APLIKASI TIKTOK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DAN RELEVANSINYA DALAM PEMBELAJARAN TEKS IKLAN KELAS VIII FASE D

AWALIYAH, SHIFA PUTRI (2025) PENGGUNAAN GAYA BAHASA IKLAN SKINCARE PADA APLIKASI TIKTOK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DAN RELEVANSINYA DALAM PEMBELAJARAN TEKS IKLAN KELAS VIII FASE D. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
Pendidikan Bahasa & Sastra Indonesia_34102100047_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (632kB)
[img] Text
Pendidikan Bahasa & Sastra Indonesia_34102100047_fullpdf.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penggunaan bahasa persuasif dalam iklan, khususnya pada iklan produk perawatan kulit (skincare) di media sosial. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh gaya bahasa persuasif dalam iklan skincare terhadap keputusan pembelian siswa kelas VIII SMP serta pemahaman mereka terhadap teks iklan dalam konteks pembelajaran Bahasa Indonesia. Secara spesifik, penelitian ini menginvestigasi bagaimana gaya bahasa iklan mempengaruhi keputusan pembelian, mengidentifikasi jenis gaya bahasa yang paling efektif, dan menganalisis keterkaitan antara pemahaman siswa terhadap materi teks iklan dengan iklan yang mereka temui di media sosial. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif untuk mendapatkan pemahaman mendalam mengenai fenomena tersebut. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan gaya bahasa persuasif dalam iklan skincare memiliki pengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian siswa. Selain itu, penelitian ini mengidentifikasi beberapa jenis gaya bahasa yang efektif dalam menarik perhatian siswa dan mendorong minat beli mereka. Penelitian ini juga mengungkapkan adanya keterkaitan antara pemahaman siswa terhadap materi teks iklan di kelas dengan kemampuan mereka dalam memaknai iklan yang mereka temui di media sosial. Penelitian ini memberikan wawasan mengenai peran gaya bahasa iklan dalam membentuk perilaku konsumen remaja dan implikasinya terhadap pengembangan materi pembelajaran Bahasa Indonesia yang lebih kontekstual dan relevan dengan kehidupan siswa. Kata kunci: gaya bahasa, bahasa persuasif, iklan

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Pustakawan 4 UNISSULA
Date Deposited: 04 Jul 2025 07:37
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/40757

Actions (login required)

View Item View Item