OKTAVIANA, YUNI (2025) KEEFEKTIFAN MEDIA AUGMENTED REALITY BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS KARYA ILMIAH (ARTIKEL POPULER) SISWA KELAS XI SMA ISLAM SULTAN AGUNG 3 SEMARANG. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.
![]() |
Text
Pendidikan Bahasa & Sastra Indonesia_34102100035_pernyataan_publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (142kB) |
![]() |
Text
Pendidikan Bahasa & Sastra Indonesia_34102100035_fullpdf.pdf Download (7MB) |
Abstract
Lemahnya proses pembelajaran yang diakibatkan oleh strategi pembelajaran yang tidak tepat seperti penerapan media dan model pembelajaran yang kurang efektif memicu terjadinya kualitas belajar siswa yang rendah, salah satunya adalah keterampilan menulis. Umumnya, media dan model pembelajaran yang kurang tepat sesuai Kurikulum Merdeka, media dan model pembelajaran tersebut terkesan monoton atau membosankan dan tidak melibatkan siswa untuk aktif dalam setiap proses pembelajaran sehingga minat dan motivasi menulis siswa sangat rendah. Media augmented reality, salah satu media berbasis teknologi yang menggabungkan dunia nyata dan dunia maya untuk memproyeksikan objek dua dimensi dan tiga dimensi ke dalam lingkungan pembelajaran. Dengan tampilan yang unik akan menarik perhatian siswa dalam melakukan proses pembelajaran karena rangsangan yang tepat. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji keefektifan media augmented reality berbasis problem based learning terhadap keterampilan menulis karya ilmiah (artikel populer) siswa kelas XI SMA Islam Sultan Agung 3 Semarang. Desain penelitian ini menggunakan quasi eksperimental design dengan bentuk nonequivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI SMA Islam Sultan Agung 3 Semarang yang berjumlah 82 siswa yang terdiri dari tiga kelas dengan sampel pada kelas XI.1 dan XI.2 yang berjumlah 48 siswa. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini meliputi tes, observasi, angket, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji normalitas dan homogenitas, serta uji hipotesis menggunakan independent sample t-test dan N-Gain. Hasil hipotesis perbedaan penggunaan media augmented reality terhadap keterampilan menulis karya ilmiah (artikel populer) menggunakan Independent Sample T Test menunjukkan thitung > ttabel yaitu 4,399 > 2,013 dan Sig. 0,000 <0,05. Hasil uji hipotesis perbedaan motivasi menulis menggunakan Independent Sample T Test menunjukkan thitung > ttabel 2,406 > 2,013 dan Sig. < 0,05 (0,020 < 0,05), sedangkan uji keefektifan media augmented reality terhadap keterampilan menulis karya ilmiah (artikel populer) menggunakan N-Gain menunjukkan tafsiran efektif dengan N-Gain sebesar 62,1002. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa media augmented reality berbasis problem based learning efektif terhadap keterampilan menulis karya ilmiah (artikel populer) siswa kelas XI SMA Islam Sultan Agung 3 Semarang. Disarankan agar guru hendaknya menerapkan media augmented reality agar dapat meningkatkan minat menulis pada materi karya ilmiah. Kata Kunci: Media Augmented Reality, Artikel Populer, Problem Based Learning.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Pustakawan 4 UNISSULA |
Date Deposited: | 04 Jul 2025 03:33 |
URI: | http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/40750 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |