SETYOWATI, SETYOWATI (2025) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR FANTASIA BERBASIS ANDROID PADA PEMBELAJARAN MENYIMAK TEKS CERITA FANTASI KELAS VII SMP DI PATI. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.
![]() |
Text
Pendidikan Bahasa & Sastra Indonesia_34102100034_pernyataan_publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (197kB) |
![]() |
Text
Pendidikan Bahasa & Sastra Indonesia_34102100034_fullpdf.pdf Download (13MB) |
Abstract
Keterampilan menyimak merupakan elemen penting dalam pembelajaran Bahasa Indonesia. Namun, kenyataannya keterampilan masih kurang mendapatkan perhatian maksimal di sekolah. Berdasarkan hasil observasi awal dan wawancara dengan tiga guru Bahasa Indonesia dari tiga sekolah yaitu SMP N 1 Jaken, SMP IT Roudlotul Muttaqin, dan SMP Satu Satap N Kletek, diketahui fakta bahwa peserta didik kelas VII masih mengalami kendala dalam isi teks cerita fantasi. Hal ini disebabkan oleh kurangnya bahan ajar yang dipakai guru kurang menarik dan tidak sesuai dengan perkembangan teknologi saat ini. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kebutuhan guru dan peserta didik terhadap bahan ajar Fantasia berbasis android pada pembelajaran menyimak teks cerita fantasi kelas VII SMP di Pati. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Penelitian dan Pengembangan atau Research and Development (R&D) yang mengacu pada model Sugiyono yang terdiri dari sepuluh tahap. Yang disederhanakan menjadi lima tahap yakni (1) potensi dan masalah, (2) pengumpulan data, (3) desain produk, (4) validasi desain, dan (5) revisi produk. Instrumen penelitian ini berupa angket kebutuhan guru dan peserta didik, serta lembar validasi ahli. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru dan peserta didik menginginkan bahan ajar yang interaktif dan mudah diakses. Berdasarkan analisis kebutuhan tersebut, bahan ajar Fantasia dikembangkan dalam bentuk aplikasi android yang memuat materi teks cerita fantasi serta fitur multimedia yang bisa mendukung proses pembelajaran menyimak. Desain prototipe bahan ajar Fantasia disesuaikan dengan kebutuhan nyata guru dan peserta didik baik dari segi konten, Prototipe ini dikemudian divalidasi oleh para ahli. Berdasarkan hasil validasi, prototipe dinyatakan layak dengan nilai rata-rata sebagai berikut: 1) aspek materi/kelayakan isi mendapat nilai 93,33 (kategori sangat layak), 2) aspek kebahasaan dengan nilai 90,67 (kategori sangat layak), 3) aspek penyajian memperoleh nilai 93,33 (kategori sangat layak), dan 4) aspek kegrafikan mendapatkan nilai 91,11 (kategori sangat layak). Kata Kunci : Bahan ajar Fantasia, Teks Cerita Fantasi, Pembelajaran Menyimak
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Pustakawan 4 UNISSULA |
Date Deposited: | 04 Jul 2025 03:30 |
URI: | http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/40749 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |