RITA, RITA (2025) INTERVENSI MEDIA TERAPI WICARA SMART HIPPO TALK DAN FREKUENSI PENGGUNAANNYA DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBICARA PADA ANAK SPEECH DELAY DI PL PDBK SEMARANG. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.
![]() |
Text
Pendidikan Bahasa & Sastra Indonesia_34102100030_pernyataan_publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (125kB) |
![]() |
Text
Pendidikan Bahasa & Sastra Indonesia_34102100030_fullpdf.pdf Download (4MB) |
Abstract
Kemampuan bicara merupakan aspek penting dalam membangun komunikasi dan mendukung pencapaian akademik anak. Gangguan bicara seperti speech delay berdampak pada perkembangan komunikasi, interaksi sosial, dan prestasi akademik anak. Prevalensi anak dengan gangguan speech delay 5-10% dan angka ini selalu meningkat setiap tahunnya. Permasalahan mendasar yang dihadapi karena kurangnya metode yang inovatif dan menarik yang digunakan sebagai media terapi wicara anak speech delay. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan intervensi dan frekuensi pengggunaan media terapi wicara Smart Hippo Talk yang dirancang untuk meningkatkan kemampuan berbicara anak. Subjek penelitian adalah anak usia 4–10 tahun dengan gangguan speech delay di PL PDBK Semarang. Pendekatan yang digunakan ialah deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil dari penelitian, ditunjukan bahwa intervensi media terapi wicara menggunakan Smart Hippo Talk pada anak speech delay di PL PDBK Semarang, dengan frekuensi satu kali dalam seminggu, sebanyak lima sesi dengan durasi 30 menit per sesi, memberikan dampak positif terhadap perkembangan kemampuan berbicara dan keterampilan sosial partisipan. Intervensi ini dilakukan pada tujuh partisipan dengan gangguan speech delay di PL PDBK Semarang. Dampak tersebut terlihat dari peningkatan dalam aspek kemampuan verbal, nonverbal, komunikasi sosial, dan perilaku sosial. Partisipan mengalami peningkatan kosakata, pemahaman instruksi, kemampuan merespons secara lisan, penggunaan gestur dan ekspresi wajah, keterlibatan dalam komunikasi dua arah, serta peningkatan rasa percaya diri dalam lingkungan sosial. Dengan demikian, media Smart Hippo Talk dapat dijadikan solusi untuk intervensi terapi wicara yang efektif untuk meningkatkan kemampuan berbicara anak dengan gangguan speech delay. Kata Kunci: kemampuan berbicara, speech delay, dan media terapi wicara
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Pustakawan 4 UNISSULA |
Date Deposited: | 04 Jul 2025 03:22 |
URI: | http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/40746 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |