RAGAM BAHASA DALAM KONTEN YOUTUBE RJL 5 FAJAR ADITYA SERTA RELEVANSINYA SEBAGAI ALTERNATIF BAHAN AJAR MENULIS TEKS CERITA PENDEK KELAS XII SMA FASE F

FERDIANSYAH, MUHAMAD MAULANA (2025) RAGAM BAHASA DALAM KONTEN YOUTUBE RJL 5 FAJAR ADITYA SERTA RELEVANSINYA SEBAGAI ALTERNATIF BAHAN AJAR MENULIS TEKS CERITA PENDEK KELAS XII SMA FASE F. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
Pendidikan Bahasa & Sastra Indonesia_34102100024_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (397kB)
[img] Text
Pendidikan Bahasa & Sastra Indonesia_34102100024_fullpdf.pdf

Download (5MB)

Abstract

Ragam bahasa yang digunakan dalam komunikasi media digital seperti YouTube menunjukkan adanya keberagaman sosial dan budaya yang menarik untuk diteliti. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan jenis ragam bahasa yang digunakan dalam konten YouTube RJL 5 – Fajar Aditya, menganalisis faktor-faktor yang memengaruhinya, serta mengkaji relevansinya sebagai alternatif bahan ajar menulis teks cerita pendek bagi siswa kelas XII SMA fase F. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui teknik simak dan catat terhadap satu episode podcast berjudul “Kisah Viral Tragedi Perkemahan Jogja” berdurasi 54 menit. Hasil penelitian menunjukkan adanya 78 data ragam bahasa yang terdiri dari 20 idiolek, 14 dialek, 10 sosiolek, 12 fungsiolek, 13 bahasa tidak baku, dan 9 bahasa lisan. Selain itu, ditemukan 15 data faktor pengaruh ragam bahasa yang mencakup 6 faktor geografis, 3 faktor kemasyarakatan, 4 faktor situasi bahasa, dan 2 faktor waktu. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ragam bahasa dalam konten YouTube dapat mencerminkan identitas sosial penutur dan berbagai faktor yang memengaruhinya. Lebih dari itu, konten ini memiliki nilai edukatif yang dapat dimanfaatkan sebagai alternatif bahan ajar berupa “Kamus Mini Ragam Bahasa” dalam pembelajaran menulis cerita pendek. Ragam bahasa yang khas, ekspresif, dan dekat dengan keseharian peserta didik dapat menginspirasi mereka untuk menulis dengan lebih kreatif dan bermakna. Dengan demikian, penggunaan media digital seperti YouTube dapat menjadi inovasi pembelajaran yang efektif dan relevan dalam Kurikulum Merdeka. Kata Kunci: Ragam Bahasa, Faktor Ragam Bahasa, YouTube, Bahan Ajar, Cerita Pendek

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Pustakawan 4 UNISSULA
Date Deposited: 04 Jul 2025 03:24
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/40743

Actions (login required)

View Item View Item