ROYANI, FAHMI (2025) PENGGUNAAN BAHASA PERSUASIF IKLAN PINJAMAN ONLINE DALAM APLIKASI TIKTOK SERTA IMPLIKASINYA TERHADAP PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA SMP KELAS VIII FASE D. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.
![]() |
Text
Pendidikan Bahasa & Sastra Indonesia_34102100021_pernyataan_publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (862kB) |
![]() |
Text
Pendidikan Bahasa & Sastra Indonesia_34102100021_fullpdf.pdf Download (2MB) |
Abstract
Bahasa persuasif adalah bahasa yang digunakan untuk membujuk atau meyakinkan seseorang agar melakukan sesuatu, percaya pada suatu ide, atau mengubah pandangannya. Tujuannya adalah untuk mempengaruhi tindakan atau pemikiran orang lain dengan cara yang halus dan meyakinkan, seringkali menggunakan argumen, alasan, atau emosi agar pesan yang disampaikan dapat diterima dan diikuti. Permasalahan dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana penggunaan bahasa persuasif iklan pinjaman online alam aplikasi tiktok serta implikasinya terhadap pembelajaran bahasa indonesia smp kelas viii fase d. (2) Bagaimana implikasi bahasa persuasif iklan pinjaman online dalam aplikasi tiktok terhadap pembelajaran bahasa indonesia smp kelas viii fase d. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penggunaan bahasa persuasif iklan pinjaman online dalam aplikasi tiktok serta implikasinya terhadap pembelajaran bahasa indonesia smp kelas viii fase d berfokus pada teknik persuasi rasionalisasi, sugesti, identifikasi, kompensasi, konformitas, penggantian dan proyeksi. Menggunakan metode penelitian kualitatif dan jenis studi pustaka. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik pustaka, studi kasus, dan mencatat. Hasil analisis penggunan bahasa persuasif pada iklan pinjaman online terdiri dari beberapa macam teknik persuasi maupun non peruasi yang secara keseluruhan berjumlah 62 data. Persuasi rasionalisasi berjumlah 28 data, persuasi sugesti berjumlah 16 data, persuasi penggantian berjumlah 17 data, persuasi konformitas berjumlah 1 data. Hasil analisis diimplikasikan berupa bahan ajar dengan materi membaca kalimat imperatif dan persuasif. Kemudian bahan ajar tersebut diharapkan mampu menjadi panduan siswa dalam materi teks persuasif dan imperatif. Kata kunci: Bahasa persuasif, iklan pinjaman online, pembelajaran Bahasa Indonesia.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Pustakawan 4 UNISSULA |
Date Deposited: | 04 Jul 2025 03:27 |
URI: | http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/40741 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |