PERBEDAAN TINGKAT KEMANDIRIAN ANAK PRASEKOLAH (3-5 TAHUN) ANTARA YANG BERADA DI LINGKUNGAN RUMAH DAN DI TEMPAT PENITIPAN ANAK

Sutriatun, Sutriatun (2015) PERBEDAAN TINGKAT KEMANDIRIAN ANAK PRASEKOLAH (3-5 TAHUN) ANTARA YANG BERADA DI LINGKUNGAN RUMAH DAN DI TEMPAT PENITIPAN ANAK. Undergraduate thesis, Fakultas Ilmu Keperawatan UNISSULA.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI__Abstrak.pdf

Download (266kB) | Preview
[img]
Preview
Text
SKRIPSI__Cover.pdf

Download (117kB) | Preview
[img]
Preview
Text
SKRIPSI__Daftar Isi.pdf

Download (93kB) | Preview

Abstract

PERBEDAAN TINGKAT KEMANDIRIAN ANAK PRASEKOLAH (3-5 TAHUN) ANTARA YANG BERADA DI LINGKUNGAN RUMAH DAN DI TEMPAT PENITIPAN ANAK 62 hal + 14 tabel + 28 lampiran+xiv LatarBelakang: Tugas perkembangan utama anak usia prasekolah adalah kemandirian. Tetapi, fenomena yang terjadi di masyarakat banyak anak usia prasekolah yang sudah bisa mandiri dan ada yang masih tergantung dengan orang lain. oleh karena itu penelitian ini ingin mengetahui perbedaan tingkat kemandirian anak prasekolah (3-5 tahun) antara yang berada di lingkungan rumah dan di tempat penitipan anak. Metode: Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif non eksperimental dengan studi perbandingan. Pengumpulan data dilakukan dengan lembar observasi. Responden dalam penelitian ini terdiri dari dua kelompok yaitu untuk kelompok pertama anak usia prasekolah di lingkungan rumah sebanyak 96 responden sedangkan kelompok kedua yaitu anak usia prasekolah di tempat penitipan anak sebanyak 43 responden sehingga jumlah responden dalam penelitian ini 139 orang dengan teknik purposive sampling. Data yang diperoleh diolah secara statistik dengan menggunakan rumus chi-square. Hasil: Berdasarkan hasil analisa diperoleh bahwa dari 43 responden di tempat penitipan anak, sebagian besar memiliki karakteristik umur 4 tahun sebanyak 44,2% sedangkan dari 96 responden di lingkungan rumah sebagian besar memiliki karakteristik umur 5 tahun sebanyak 40,6%. Hasil penelitian juga menunjukkan banyak anak di tempat penitipan anak yang mandiri sebanyak 72,1% responden sedangkan dari 96 responden di lingkungan rumah banyak anak yang tidak mandiri sebanyak 51,0% responden. Simpulan: Terdapat perbedaan tingkat kemandirian anak prasekolah (3-5 tahun) antara yang berada di lingkungan rumah dan di tempat penitipan anak (p value< 0,1) Kata kunci: kemandirian, tempat penitipan anak, lingkungan rumah dan anak prasekolah. Daftar Pustaka: 39 ( 1999 – 2014 )

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Ilmu Keperawatan
Fakultas Ilmu Keperawatan > Ilmu Keperawatan
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 11 Aug 2015 06:09
Last Modified: 11 Aug 2015 06:09
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/407

Actions (login required)

View Item View Item