Pengaruh Strategi Manajemen Isu dan Krisis Terhadap Kepercayaan dan Minat Beli Produk Sunscreen pada Followers Tiktok The Originote (Studi Claim Isu Sunscreen SPF Palsu)

Dilara, Fayyaza Aqila (2025) Pengaruh Strategi Manajemen Isu dan Krisis Terhadap Kepercayaan dan Minat Beli Produk Sunscreen pada Followers Tiktok The Originote (Studi Claim Isu Sunscreen SPF Palsu). Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung.

[img] Text
Ilmu Komunikasi_32802100042_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
Ilmu Komunikasi_32802100042_fullpdf.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya manajemen isu dan krisis yang digunakan untuk menangani isu yang sedang terjadi didalam suatu perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh strategi manajemen isu dan krisis terhadap kepercayaan dan minat beli followers tiktok @theoriginote dalam konteks klaim isu sunscreen SPF palsu. Penelitian ini menggunakan teori Situational Communication Crisis Theory (SCCT). Tipe penelitiannya adalah kuantitatif dengan paradigma positivis dan metode survei. Subjek dalam penelitian ini adalah followers tiktok @theoriginote dan objek penelitiannya adalah strategi penanganan krisis the originote. Data dikumpulkan melalui kuesioner online yang diisi oleh 100 responden, dengan teknik pengambilan sample purposive sampling dengan kriteria tertentu. Hasil analisis menggunakan uji Korelasi Rank Spearman menunjukkan adanya hubungan positif dan signifikan pada pengaruh strategi manajemen isu dan krisis (X) terhadap kepercayaan followers (Y1) dengan nilai signifikansi 0,001 (<0,05) serta korelasi senilai 0,895, yang termasuk dalam kategori hubungan yang kuat. Selain itu ditemukan hubungan signifikan pada pengaruh strategi manajemen isu dan krisis (X) terhadap minat beli followers (Y2) yang mempunyai nilai signifikansi 0,001 (<0,05) serta korelasi senilai 0,874, yang juga menunjukkan hubungan kuat. Dengan demikian, dapat diartikan ketika pengaruh strategi manajemen isu dan krisis (X) meningkat, maka kepercayaan followers (Y1) dan minat beli followers (Y2) juga meningkat. Penelitian memiliki keterbatasan pada responden yang terbatas, sehingga hasilnya belum dapat digeneralisasikan secara luas. Oleh karena itu, penelitian berikutnya diberikan saran dalam memperluas jumlah sampel serta mempertimbangkan faktor lain yang bisa memberikan dampak kepercayaan dan minat beli followers tiktok the originote, misalnya keterlibatan audiens atau jenis konten yang disajikan. Kata kunci : Manajemen Krisis, Kepercayaan Followers, Minat Beli

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi
Fakultas Ilmu Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Pustakawan 4 UNISSULA
Date Deposited: 01 Aug 2025 06:26
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/40636

Actions (login required)

View Item View Item