PENGARUH BRAND PERSONALITY PRODUK MELIA SEHAT SEJAHTERA DAN PERSONAL BRANDING @DO.RIRIN TERHADAP MINAT BELI FOLLOWERS

Putra, Andika Surya (2025) PENGARUH BRAND PERSONALITY PRODUK MELIA SEHAT SEJAHTERA DAN PERSONAL BRANDING @DO.RIRIN TERHADAP MINAT BELI FOLLOWERS. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung.

[img] Text
Ilmu Komunikasi_32802100022_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (83kB)
[img] Text
Ilmu Komunikasi_32802100022_fullpdf.pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh brand personality produk Melia Sehat Sejahtera dan personal branding akun Instagram @do.ririn terhadap minat beli followers. Latar belakang penelitian ini didasari oleh citra negatif PT Melia Sehat Sejahtera di masyarakat, yang terlihat dari banyaknya komentar negatif di media sosial. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif deskriptif dengan paradigma positivisme serta teori Elaboration Likelihood Model (ELM) sebagai landasan teoritis. Populasi dalam penelitian ini adalah followers akun Instagram @do.ririn, dengan sampel sebanyak 100 responden yang dipilih menggunakan teknik simple random sampling. Data dikumpulkan melalui kuesioner dan dianalisis menggunakan regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa seluruh item kuesioner valid dan reliabel. Secara parsial, brand personality produk Melia (X1) memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli followers (Y) dengan nilai signifikansi sebesar 0.000, dan personal branding @do.ririn (X2) memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli followers (Y) dengan nilai signifikansi sebesar 0.003. Secara simultan, brand personality produk Melia (X1) dan personal branding @do.ririn (X2) juga terbukti berpengaruh secara signifikan terhadap minat beli dengan nilai F-hitung 150.425 > F-tabel 3.939 dan nilai signifikansi 0.000. Nilai R Square sebesar 0.756 menunjukkan bahwa 75.6% variasi minat beli dapat dijelaskan oleh kedua variabel tersebut, sedangkan sisanya 24,6% dijelaskan oleh variabel diluar peneltian ini. Kesimpulan dari penelitian ini adalah semakin kuat karakter merek produk Melia dan semakin konsisten serta positif personal branding @do.ririn, maka semakin besar minat beli followers. Penelitian ini memiliki keterbatasan pada objek personal branding yang hanya fokus pada @do.ririn, sehingga hasil tidak dapat digeneralisasi. Responden juga didominasi oleh usia 20–30 tahun dan pelajar/mahasiswa, yang berpotensi menimbulkan bias. Selain itu, penelitian hanya mengkaji dua variabel dan satu platform, yaitu Instagram. Disarankan agar penelitian selanjutnya melibatkan platform lain, menambah variabel pendukung, dan mempertimbangkan pendekatan kualitatif agar hasil lebih komprehensif. Kata Kunci : Brand Personality, Personal Branding, Minat Beli

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi
Fakultas Ilmu Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Pustakawan 4 UNISSULA
Date Deposited: 01 Aug 2025 06:22
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/40630

Actions (login required)

View Item View Item