HUBUNGAN KOMUNIKASI PELAYANAN APOTEK DENGAN KEPUASAN DAN KEPERCAYAAN PELANGGAN PADA APOTEK GRIYA KHODIJAH KOTA PATI

SYAFITRI, AMALIA DESY (2025) HUBUNGAN KOMUNIKASI PELAYANAN APOTEK DENGAN KEPUASAN DAN KEPERCAYAAN PELANGGAN PADA APOTEK GRIYA KHODIJAH KOTA PATI. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
Ilmu Komunikasi_32802100017_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (381kB)
[img] Text
Ilmu Komunikasi_32802100017_fullpdf.pdf

Download (2MB)

Abstract

Latar belakang : Komunikasi pelayanan menjadi salah satu faktor penting dalam menjamin kualitas pelayanan apotek yang berdampak langsung terhadap kepuasan dan kepercayaan pelanggan. Ketidakmampuan tenaga kefarmasian dalam membangun komunikasi yang efektif dapat menurunkan mutu layanan serta loyalitas pelanggan. Tujuan : Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan komunikasi pelayanan dengan kepuasan dan kepercayaan pelanggan di Apotek Griya Khodijah Kota Pati. Metode : Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan deskriptif korelasional dan menggunakan desain cross sectional. Sampel sebanyak 247 responden dipilih menggunakan teknik accidental sampling. Instrumen penelitian meliputi Communication Assessment Tool (CAT), Patient Satisfaction with Pharmacist Services Questionnaire 2.0 (PSPSQ 2.0), dan Trust in Pharmacists Scale yang telah teruji validitas dan reliabilitasnya. Hasil : Hasil uji Pearson Product Moment menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara komunikasi pelayanan dengan kepuasan pelanggan (r = 0,748; p = 0,000) dan kepercayaan pelanggan (r = 0,440; p = 0,000). Kesimpulan : Komunikasi pelayanan memiliki hubungan yang kuat dengan kepuasan pelanggan serta hubungan sedang dengan kepercayaan pelanggan. Komunikasi yang baik oleh tenaga kefarmasian penting untuk dikembangkan guna meningkatkan kualitas pelayanan yang mampu membangun kepuasan dan kepercayaan pelanggan di apotek. Kata kunci : komunikasi pelayanan, kepuasan pelanggan, kepercayaan pelanggan

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi
Fakultas Ilmu Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Pustakawan 4 UNISSULA
Date Deposited: 01 Aug 2025 06:17
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/40625

Actions (login required)

View Item View Item