PENGARUH EDUKASI MELALUI VIDEO ANIMASI TERHADAP PENGETAHUAN TENTANG GIZI SEIMBANG PADA ANAK DI SD ISLAM TERPADU BINA AMAL 2 SEMARANG

PUTRI, RIKE VERAMIDA (2025) PENGARUH EDUKASI MELALUI VIDEO ANIMASI TERHADAP PENGETAHUAN TENTANG GIZI SEIMBANG PADA ANAK DI SD ISLAM TERPADU BINA AMAL 2 SEMARANG. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
Kebidanan_32102100088_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (46kB)
[img] Text
Kebidanan_32102100088_fullpdf.pdf

Download (1MB)

Abstract

Latar Belakang: Upaya preventif dalam meningkatkan pengetahuan gizi seimbang yaitu melalui edukasi video animasi yang menarik dan mudah dipahami oleh anak. Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh edukasi gizi seimbang terhadap pengetahuan melalui video animasi. Metode: Studi Pre-experimental ini melibatkan satu kelompok pretest-posttest, Purposive sampling digunakan pada 50 siswa kelas 5 A&B di SDIT Bina Amal 2 Semarang. Analisis data menggunakan paired sample test dan Uji T-Test. Hasil : Hasil penelitian ini menunjukkan edukasi video animasi berpengaruh signifikan (p value 0,000), tetapi sumber informasi tidak berpengaruh terhadap pengetahuan tentang gizi seimbang. Kesimpulan: Terdapat hubungan peningkatan pengetahuan siswa tentang gizi seimbang dari nilai pretest 13,70 menjadi postest 17,20. Kata Kunci: Pengetahuan, Gizi Seimbang, Anak, Media Video Animasi

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: R Medicine > RG Gynecology and obstetrics
Divisions: Fakultas Farmasi
Fakultas Farmasi > S1 Kebidanan
Depositing User: Pustakawan 4 UNISSULA
Date Deposited: 23 Jul 2025 09:11
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/40547

Actions (login required)

View Item View Item