PUTRI, RIKE VERAMIDA (2025) PENGARUH EDUKASI MELALUI VIDEO ANIMASI TERHADAP PENGETAHUAN TENTANG GIZI SEIMBANG PADA ANAK DI SD ISLAM TERPADU BINA AMAL 2 SEMARANG. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.
![]() |
Text
Kebidanan_32102100088_pernyataan_publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (46kB) |
![]() |
Text
Kebidanan_32102100088_fullpdf.pdf Download (1MB) |
Abstract
Latar Belakang: Upaya preventif dalam meningkatkan pengetahuan gizi seimbang yaitu melalui edukasi video animasi yang menarik dan mudah dipahami oleh anak. Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh edukasi gizi seimbang terhadap pengetahuan melalui video animasi. Metode: Studi Pre-experimental ini melibatkan satu kelompok pretest-posttest, Purposive sampling digunakan pada 50 siswa kelas 5 A&B di SDIT Bina Amal 2 Semarang. Analisis data menggunakan paired sample test dan Uji T-Test. Hasil : Hasil penelitian ini menunjukkan edukasi video animasi berpengaruh signifikan (p value 0,000), tetapi sumber informasi tidak berpengaruh terhadap pengetahuan tentang gizi seimbang. Kesimpulan: Terdapat hubungan peningkatan pengetahuan siswa tentang gizi seimbang dari nilai pretest 13,70 menjadi postest 17,20. Kata Kunci: Pengetahuan, Gizi Seimbang, Anak, Media Video Animasi
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | R Medicine > RG Gynecology and obstetrics |
Divisions: | Fakultas Farmasi Fakultas Farmasi > S1 Kebidanan |
Depositing User: | Pustakawan 4 UNISSULA |
Date Deposited: | 23 Jul 2025 09:11 |
URI: | http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/40547 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |