ANALISIS STRATEGI GURU KELAS DALAM MENGHADAPI GAYA BELAJAR SISWA KELAS 2 DI SD NEGERI PLELEN 04 KECAMATAN GRINGSING

Faradisa, Vindy Milla (2025) ANALISIS STRATEGI GURU KELAS DALAM MENGHADAPI GAYA BELAJAR SISWA KELAS 2 DI SD NEGERI PLELEN 04 KECAMATAN GRINGSING. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)_34302100116_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (317kB)
[img] Text
Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)_34302100116_fullpdf.pdf

Download (2MB)

Abstract

Dalam konteks pendidikan, sangat penting bagi guru untuk memahami perbedaan cara siswa dalam menerima dan memproses informasi. Setiap gaya belajar memiliki pendekatan yang berbeda, sehingga guru perlu mengembangkan strategi pengajaran yang dapat menjangkau semua tipe belajar siswa secara efektif. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan strategi yang digunakan guru kelas dalam menghadapi tiga gaya belajar siswa kelas 2 di SD Negeri Plelen 04 Kecamatan Gringsing. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi yang digunakan guru untuk siswa dengan gaya belajar visual dan auditori menggunakan strategi pembelajaran ekspositori. Sedangkan, siswa dengan gaya belajar kinestetik menggunakan strategi pembelajaran kooperatif dan inkuiri. Pemahaman terhadap gaya belajar siswa dan penerapan strategi pengajaran yang sesuai menjadi kunci keberhasilan dalam meningkatkan kualitas pembelajaran di kelas. Kata Kunci : Strategi Guru, Pembelajaran, Gaya Belajar

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Pustakawan 4 UNISSULA
Date Deposited: 14 May 2025 06:43
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/40476

Actions (login required)

View Item View Item