PENGEMBANGAN MEDIA AUGMENTED REALITY UNTUK MENINGKATKAN PENGETAHUAN SAINS SISWA KELAS III SD NEGERI KARANGROTO 04

Ainulfais, Friska Atsania (2025) PENGEMBANGAN MEDIA AUGMENTED REALITY UNTUK MENINGKATKAN PENGETAHUAN SAINS SISWA KELAS III SD NEGERI KARANGROTO 04. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)_34302100114_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (152kB)
[img] Text
Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)_34302100114_fullpdf.pdf

Download (4MB)

Abstract

Sulitnya mata pelajaran IPAS membuat banyaknya siswa sulit memahami materi sehingga pengetahuan sains siswa menjadi rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media Augmented Reality yang dapat meningkatkan pengetahuan sains siswa dalam mata pelajaran IPAS. Dengan memanfaatkan teknologi AR yang menggabungkan objek virtual dengan lingkungan nyata menjadikan materi yang dipelajari lebih interaktif dan menarik. Penelitian menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Penelitian ini menggunakan instrumen tes dan angket, dengan subjek 28 siswa. Hasil kelayakan media memperoleh 85% dari validasi ahli yang menunjukkan bahwa media “Sangat Layak” untuk digunakan. Sedangkan hasil kepraktisan media memperoleh 94% dari angket respon guru dan siswa sebesar 98% dengan kategori “Sangat Praktis”. Hasil keefektifan media melalui uji t-test menunjukan potensi signifikan untuk meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi pelajaran, dengan rata-rata skor pre-test 50,71 meningkat menjadi 85,35 pada skor post-test. Hasil uji paired t-test menujukkan adanya perbedaan signifikan antara hasil tes sebelum dan sesudah menggunakan media Augmented Reality. Selain itu, uji gain menunjukkan nilai 0,7289 menegaskan bahwa media AR “Efektif” dalam menjelaskan materi yang abstrak dan kompleks. Dari hasil penelitian dapat dikatakan bahwa pengembangan media AR sangat layak, sangat efektif dan sangat praktis digunakan sebagai media pembelajaran IPAS. Kata Kunci : Augmented Reality, Pengetahuan Sains, IPAS

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Pustakawan 4 UNISSULA
Date Deposited: 14 May 2025 06:44
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/40475

Actions (login required)

View Item View Item