PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN APLIKASI WORDWALL TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIKA DAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA KELAS VI SEKOLAH DASAR

Nafiah, Zumrotun (2025) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN APLIKASI WORDWALL TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIKA DAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA KELAS VI SEKOLAH DASAR. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)_34302100102_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (145kB)
[img] Text
Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)_34302100102_fullpdf.pdf

Download (5MB)

Abstract

Pada mata pelajaran matematika dibutuhkan model pembelajaran dan media pembelajaran yang inovatif dan interandal untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan kemandirian belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran problem based learning berbantuan aplikasi wordwall terhadap kemampuan berpikir kritis matematika dan kemandirian belajar siswa kelas VI Sekolah Dasar. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif, desain pre-experimental dengan jenis one-group pre-test post-test design. Populasi dan sampel yang digunakan di penelitian ini adalah kelas VI A SD Islam Al-Fattah yang berjumlah 23 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik tes dan teknik angket. Kemudian teknik analisis data meliputi uji prasyarat (uji validitas, uji reliabilitas, uji daya pembeda dan tingkat kesukaran) dan uji syarat (uji normalitas dan uji hipotesis menggunakan uji paired sample t-test). Hasil penelitian menunjukkan bahwa data berdistribusi normal dan adanya pengaruh yang signifikan model pembelajaran problem based learning berbantuan aplikasi wordwall terhadap kemampuan berpikir kritis matematika kelas VI Sekolah Dasar dengan hasil uji paired sample t-test yaitu sig. (2-tailed) = 0,000 < 0,05 yang berarti Ho ditolak dan Ha diterima. Hasil uji paired sample t-test kemandirian belajar menunjukkan hasil sig. (2-tailed) = 0,005 < 0,05 yang bisa disimpulkan bahwa terbisa pengaruh tidak signifikan model pembelajaran problem based learning berbantuan aplikasi wordwall terhadap kemandirian belajar siswa kelas VI Sekolah Dasar. Kata Kunci: Model Problem Based Learning, Wordwall, Berpikir Kritis Matematika, Kemandirian Belajar

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Pustakawan 4 UNISSULA
Date Deposited: 15 May 2025 02:54
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/40470

Actions (login required)

View Item View Item