PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEADS TOGETHER BERBANTUAN MEDIA RANDOM WHEEL TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA KELAS V SDN TEMPURAN 01 DEMAK

Maftuchah, Nurul (2025) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEADS TOGETHER BERBANTUAN MEDIA RANDOM WHEEL TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA KELAS V SDN TEMPURAN 01 DEMAK. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)_34302100084_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (103kB)
[img] Text
Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)_34302100084_fullpdf.pdf

Download (3MB)

Abstract

Kajian penelitian ini dilatarbelakangi oleh kebijakan kurikulum merdeka dan pembelajaran abad 21 yang mengharuskan pembelajaran bersifat aktif, terpusat pada siswa, dan mengintegrasikan teknologi. Rendahnya minat belajar matematika, miskonsepsi materi, kurangnya teknologi serta pasifnya siswa menjadi masalah urgen lapangan yang harus diatasi dengan tepat melalui kegiatan penelitian. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Numbered Heads Together berbantuan media Random Wheel terhadap kemampuan pemahaman konsep matematika. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan one-group pretest-posttest desaign. Teknik pengambilan sampel yaitu sampling jenuh dengan menggunakan seluruh anggota populasi sebagai sampel. Teknik pengumpulan data melalui pemberian tes, kemudian uji instrument dengan uji validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran, dan daya pembeda. Selanjutnya analisis data dengan uji normalitas dan paired ttest. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh signifikan dari penerapan model pembelajaran Numbered Heads Together berbantuan media Random Wheel terhadap kemampuan pemahaman konsep matematika siswa kelas V SDN Tempuran 01 Demak, yang didapat dari hasil pretest dan posttest siswa yang mengalami kenaikan, serta hasil uji hipotesis dengan tabel lower bernilai 45,110 dan upper bernilai -33,311, serta nilai sig 2-tailed yaitu 0,000 < 0,05. Artinya Ho ditolak dan Ha diterima. Kata kunci: Model pembelajaran NHT, media Random Wheel, pemahaman konsep matematika

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Pustakawan 4 UNISSULA
Date Deposited: 21 May 2025 03:18
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/40463

Actions (login required)

View Item View Item