PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA QUIZIZZ TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATA PELAJARAN IPAS KELAS V SD NEGERI 1 KALIWENANG

Syakira, Malva Aikanindo (2025) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA QUIZIZZ TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATA PELAJARAN IPAS KELAS V SD NEGERI 1 KALIWENANG. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)_34302100073_fullpdf.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)_34302100073_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian dilaksanakan guna mengetahui tujuan dari topik penelitian ini yaitu pengaruh model pembelajaran problem based learning berbantuan media Quizizz terhadap kemampuan berpikir kritis mata pelajaran IPAS kelas V SD Negeri 1 Kaliwenang. Model ajar yang kurang inovatif seperti ceramah menjadikan peserta didik kurang dorongan dalam pembiasaan peningkatan kemampuan berpikir kritisnya, selain itu penggunaan media interaktif yag masih terbatas dalam penerapan di sekolah. Hal tersebut menjadi pengaruh dalam rendahnya kemampuan berpikir kritis peserta didik. Teori Vygotsky menjelaskan bahwa manusia akan mendapatkan pengetahuannya melalui interaksi sosial, dalam artian siswa dapat menemukan pengetahuannya melalui bimbingan orang lain yang menjadikan bahasa selain sebagai alat komunikasi adalah sebagai alat berpikir dan memahaminya. Oleh karena itu penerapan model ajar berbasis masalah seperti PBL dengan berbantuan media pembelajaran yang inovatif seperti Quizizz paper mode dapat dimanfaatkan untuk menunjang peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa. Metode penelitian yang diterapkan adalah kuantitaif dengan desain preexperimental (non-designs), dengan desain one group pre-test post-test designs. Uji instrumen menggunakan tes berbentuk uraian dengan jumlah 20 butir soal, dengan terdapat 3 soal tidak valid dan 17 soal valid. Selanjutnya pada analisis data awal dan data akhir dilakukan uji menggunakan uji normalitas yang kemudian diujikan melalui uji t-test one saphiro wilk. Subjek penelitian adalah siswa kelas 5 SD Negeri 1 Kaliwenang yang berjumlah 14 siswa. Hasil dari penelitian ini adalah menunjukkan hasil uji hipotesis yang menunjukkan sig 0,000 < 0,05 yang dapat diartikan bahwa Ha diterima sedangkan Ho ditolak. Serta mean pre-test sebesar 52,21 dan post-test sebesar 73,75 dengan menunjukkan adanya peningkatan atau memiliki pengaruh. Dengan hal tersebut, maka dapat diketahui bahwa penerapan model problem based learning berbantuan media Quizizz memiliki pengaruh pada kemampuan berpikir kritis siswa di kelas 5 melalui data yang diperoleh dari 14 siswa kelas 5. Kata Kunci: Problem based learning, Berpikir Kritis, Quizizz paper mode

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Pustakawan 4 UNISSULA
Date Deposited: 21 May 2025 03:20
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/40460

Actions (login required)

View Item View Item