PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN APLIKASI WORDWALL TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATA PELAJARAN IPAS KELAS IV DI SD ISLAM AL FATTAH

Ambarwana, Laili (2025) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN APLIKASI WORDWALL TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATA PELAJARAN IPAS KELAS IV DI SD ISLAM AL FATTAH. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)_34302100068_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (544kB)
[img] Text
Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)_34302100068_fullpdf.pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini berfokus pada pengaruh model pembelajaran problem based learning berbantuan aplikasi wordwall terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran IPAS kelas IV di SD Islam Al Fattah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran problem based learning berbantuan aplikasi wordwall terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran IPAS kelas IV di SD Islam Al Fattah. Penelitian ini menggunakan desain Quasi Eksperimental design. Desain yang diterapkan adalah desain Nonequivalent group design, dengan menggunakan pretest dan posttest sebagai metode pengumpulan data. populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Islam Al Fattah denganmenerapkan teknik sampling jenuh. Berdasarkan hasil penelitian, terdapat pengaruh dari model pembelajaran problem based learning terhadap kemampuan berpikir kritis siswa yang ditunjukkan oleh nilai rata-rata pretest sebesar 10,05 dan nilai rata-rata posttest sebesar 13,84 serta hasil perhitungan stastitik di peroleh thitung = 3.866 dan ttabel 0.38 dan nilai sig. (2-tailed) diperoleh < 0.001. maka diperoleh sig. (2-tailed) < 0,05. Maka Ho ditolak dan Ha diterima yang artinya, terdapat pengaruh model pembelajaran problem based learning berbantuan aplikasi wordwall terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran IPAS kelas IV di SD Islam Al Fattah. Kata Kunci : Problem Based Learning, Berpikir Kritis, Wordwall, IPAS

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Pustakawan 4 UNISSULA
Date Deposited: 21 May 2025 03:23
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/40457

Actions (login required)

View Item View Item