Ambarwani, Laila (2025) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN QUIZIZZ TERHADAP KEMAMPUAN BERFIKIR KRITIS IPAS SISWA KELAS V SD ISLAM AL FATTAH. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.
![]() |
Text
Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)_34302100067_fullpdf.pdf Download (3MB) |
![]() |
Text
Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)_34302100067_pernyataan_publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (419kB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masih rendahnya tingkat kemampuan berpikir kritis kelas V pada mata pelajaran IPAS. IPAS di sekolah dasar diperlukan adanya sebuah inovasi baru yang bisa membuat kegiatan pembelajaran menjadi lebih aktif dan menyenangkan. Salah satu contoh model pembelajaran yang dapat diterapkan dikelas adalah model pembelajaran problem based learning. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran problem based learning berbantuan quizizz terhadap kemampuan berpikir kritis ipas siswa kelas V Sd Islam Al Fattah. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan desain penelitian quasi eksperimental desaign dan menggunakan teknik samplinng jenuh. Sampel yang digunakan pada penelitian yaitu kelas V sebanyak 30 siswa yang dibagi menjadi dua kelas yaitu kelas VA sebanyak 15 siswa dan kelas VB sebanyak 15 siswa. Hasil pengujian hipotesis menggunakan Uji Independen Sample t Test. Hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh model pembelajaran problem based learning berbantuan quizizz terhadap kemampuan berpikir kritis IPAS siswa kelas V dibuktikan dengan hasil nilai rata-rata kelas eksperimen yaitu 13,67 dan kelas kontrol yaitu 10,93. Kata Kunci : Berpikir Kritis, Problem Based Learning
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Pustakawan 4 UNISSULA |
Date Deposited: | 21 May 2025 03:23 |
URI: | http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/40456 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |