Rohman, Kholilur (2025) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOLABORATIF BERBANTUAN MEDIA WORDWALL TERHADAP KETERAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN TEKS NARASI KELAS III SD NEGERI TEMPURAN 1 DEMAK. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.
![]() |
Text
Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)_34302100065_pernyataan_publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (619kB) |
![]() |
Text
Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)_34302100065_fullpdf.pdf Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kolaboratif berbantuan media Wordwall terhadap keterampilan membaca pemahaman teks narasi siswa di kelas 3 SD Negeri Tempuran 1. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan desain pre-test dan post-test. Subjek penelitian terdiri dari 30 siswa yang mengikuti dua pertemuan pembelajaran. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif dan uji hipotesis menggunakan paired sample t-test. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan yang signifikan antara nilai pre-test dan post- test, di mana rata-rata nilai pre-test adalah 65,9 dan rata-rata nilai post-test meningkat menjadi 77,26667. Uji hipotesis menunjukkan nilai signifikansi sebesar 0,000, yang berarti terdapat pengaruh dari model pembelajaran kolaboratif terhadap keterampilan membaca pemahaman teks narasi siswa. Temuan ini mengindikasikan bahwa penerapan model pembelajaran kolaboratif dapat memberikan dampak positif terhadap hasil belajar siswa dalam memahami teks narasi. Kata kunci: Model Kolaboratif, Wordwall, dan Membaca Pemahaman
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Pustakawan 4 UNISSULA |
Date Deposited: | 21 May 2025 03:25 |
URI: | http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/40454 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |