Rahmawati, Erika (2025) ANALISIS PERAN GURU DALAM MEMBENTUK KARAKTER PEDULI LINGKUNGAN SISWA KELAS V DI SD N SEMBATURAGUNG 02 MAN JUDUL. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.
![]() |
Text
Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)_34302100058_pernyataan_publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (480kB) |
![]() |
Text
Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)_34302100058_fullpdf.pdf Download (2MB) |
Abstract
Tujuan Penelitian untuk mengetahui peran guru dalam membentuk karakter peduli lingkungan siswa kelas V SD N Sembaturagung 02 dengan menggunakan metode penelitian deskriptif studi kasus yang mengumpulkan data melalui wawancara, observasi dan angket dari guru dan siswa kelas V. Teknik analisis data diproses tiga tahap model Miles, Huberman dan Saldana (2014) : kondensi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Dapat disimpulkan, guru memiliki peranan membentuk karakter peduli lingkungan, guru berperan sebagai teladanmemberikan contoh kepada siswa mengenai peduli lingkungan; guru berperan sebagai penasehat memberikan nasehat mengenai pentingnya memperhatikan lingkungan sekolah bagi siswa, guru berperan sebagai pengelola menyediakan fasilitas tempat sampah; dan guru memiliki peran sebagai demonstrator bertindak mendorong siswa untuk membiasakan diri membuang sampah pada tempatnya. Hal ini menunjukkan bahwa di SDN Sembaturagung 02 guru telah menerapkan karakter peduli lingkungan. Faktor penghambat dan pendukung adanya peran guru dan kegiatan rutin dan factor penghambatnya yaitu kurangnya antusiasbeberapa siswa dalam kegiatan kebersihan sekolah. Kata Kunci : Peran guru, Pembentukan Karakter, Kepedulian Terhadap Lingkungan
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Pustakawan 4 UNISSULA |
Date Deposited: | 21 May 2025 03:27 |
URI: | http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/40452 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |