PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA RODA PUTAR BANGUN DATAR TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIKA SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR

Arzeti, Elsa Fauziah (2025) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA RODA PUTAR BANGUN DATAR TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIKA SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)_34302100057_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (142kB)
[img] Text
Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)_34302100057_fullpdf.pdf

Download (4MB)

Abstract

Model Problem Based Learning merupakan sebuah metode pembelajaran yang menuntut siswa untuk bekerja secara kolaboratif dalam menemukan sebuah solusi dengan berpikir secara kritis terhadap suatu permasalahan yang sedang dihadapi. Penelitian ini berfokus pada pengaruh model Problem Based Learning terhadap kemampuan berpikir kritis matematika siswa kelas IV sekolah dasar. Adapun tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning berbantuan media roda putar bangun datar terhadap kemampuan berpikir kritis matematika siswa kelas IV sekolah dasar. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen sebagai bahan pengambilan data. Populasi dalam penelitian ini yaitu siswa kelas IV SD Negeri Gowong yang berjumlah 24 siswa. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya pengaruh model pembelajaran problem based learning berbantuan media roda bangun datar terhadap kemampuan berpikir kritis matematika siswa kelas IV sekolah dasar, dibuktikan dari uji paired sample t test yaitu pada nilai sig. (2-tailed) = 0.000 < 0.05, maka Ho ditolak H1 diterima. Artinya terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil pretest sebelum diberi perlakuan dan posttest setelah diberi perlakuan. Maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran problem based learning berbantuan media roda bangun datar terhadap kemampuan berpikir kritis matematika siswa. Kata Kunci : Problem Based Learning (PBL), Kemampuan Berpikir Kritis, Matematika

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Pustakawan 4 UNISSULA
Date Deposited: 21 May 2025 03:28
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/40451

Actions (login required)

View Item View Item