Arzeti, Elsa Fauziah (2025) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA RODA PUTAR BANGUN DATAR TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIKA SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.
![]() |
Text
Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)_34302100057_pernyataan_publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (142kB) |
![]() |
Text
Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)_34302100057_fullpdf.pdf Download (4MB) |
Abstract
Model Problem Based Learning merupakan sebuah metode pembelajaran yang menuntut siswa untuk bekerja secara kolaboratif dalam menemukan sebuah solusi dengan berpikir secara kritis terhadap suatu permasalahan yang sedang dihadapi. Penelitian ini berfokus pada pengaruh model Problem Based Learning terhadap kemampuan berpikir kritis matematika siswa kelas IV sekolah dasar. Adapun tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning berbantuan media roda putar bangun datar terhadap kemampuan berpikir kritis matematika siswa kelas IV sekolah dasar. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen sebagai bahan pengambilan data. Populasi dalam penelitian ini yaitu siswa kelas IV SD Negeri Gowong yang berjumlah 24 siswa. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya pengaruh model pembelajaran problem based learning berbantuan media roda bangun datar terhadap kemampuan berpikir kritis matematika siswa kelas IV sekolah dasar, dibuktikan dari uji paired sample t test yaitu pada nilai sig. (2-tailed) = 0.000 < 0.05, maka Ho ditolak H1 diterima. Artinya terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil pretest sebelum diberi perlakuan dan posttest setelah diberi perlakuan. Maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran problem based learning berbantuan media roda bangun datar terhadap kemampuan berpikir kritis matematika siswa. Kata Kunci : Problem Based Learning (PBL), Kemampuan Berpikir Kritis, Matematika
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Pustakawan 4 UNISSULA |
Date Deposited: | 21 May 2025 03:28 |
URI: | http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/40451 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |