PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE AUDITORY INTELECTUALY REPETITION TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATERI MENGUBAH BENTUK ENERGI KELAS IV SD ISLAM AL FATAH

Adelia, Elda Sukma (2025) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE AUDITORY INTELECTUALY REPETITION TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATERI MENGUBAH BENTUK ENERGI KELAS IV SD ISLAM AL FATAH. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)_34302100056_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (274kB)
[img] Text
Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)_34302100056_fullpdf.pdf

Download (10MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Auditory Intelectually Repetition (AIR) terhadap kemampuan berpikir kritis pada mata pelajaran IPAS siswa kelas IV SD Islam Al Fattah. Desain penelitian yang digunakan yaitu Quasi Experimental Desaign dengan bentuk Nonequivalent Control Group Desaign. Instrument yang digunakan yaitu tes, dimana peneliti memberikan pretest dahulu kepada siswa sebelum diberikan perlakuan dan posttest setelah diberikan perlakuan. Populasi dalam penelitian ini yaitu kelas IV SD Islam Al Fattah yang berjumlah 46 siswa. Pengambilan sampel menggunakan Nonprobability Sampling yang dikenal dengan sampling jenuh, sehingga sample menggunakan seluruh siswa IV SD Islam Al Fattah. Hasil analisis data menunjukkan pengaruh yang signifikan, dilihat dari hasil uji prasyarat (uji normalitas) yang memperoleh hasil uji normalitas data awal (pretest eksperimen) nilai sig sebesar 0,63 untuk (pretest kontrol) nilai sig sebesar 0,743, sedangkan uji normalitas data akhir (posttest eksperimen) nilai sig sebesar 0,85, untuk (posttest kontrol) nilai sig 0,553. Sehingga dari hasil tersebut tergolong pada nila sig>0,005 yang menunnjukan bahwa data berkontribusi normal. Selain itu dilihat juga dari uji syarat yaitu uji paired sample t-test, yang memperoleh nilai sig sebesar <0,000. Hal ini menunjukkan bahwasannya nilai sig <0,05. Dengan demikian Ho ditolak dan Ha diterima. Sehingga disimpulkan model pembelajaran Auditory Intelectually Repetition dapat berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kritis pada mata pelajaran IPAS siswa kelas IV SD Islam Al Fattah. Kata Kunci : Auditory Intelectually Repetition, Kemampuan Berpikir Kritis, IPAS, Sekolah Dasar

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Pustakawan 4 UNISSULA
Date Deposited: 21 May 2025 03:29
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/40449

Actions (login required)

View Item View Item