PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CHILDREN LEARNING IN SCIENCE (CLIS) TERHADAP HASIL BELAJAR IPAS SISWA KELAS V DI SD NEGERI 02 BANDAR

Kamalia, Dini Via (2025) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CHILDREN LEARNING IN SCIENCE (CLIS) TERHADAP HASIL BELAJAR IPAS SISWA KELAS V DI SD NEGERI 02 BANDAR. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)_34302100053_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (48kB)
[img] Text
Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)_34302100053_fullpdf.pdf

Download (5MB)

Abstract

Pada pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial di sekolah dasar diperlukan adanya sebuah inovasi baru yang bisa membuat kegiatan pembelajaran menjadi lebih aktif dan menyenangkan. Salah satu contoh model pembelajaran yang dapat diterapkan di kelas adalah model pembelajaran children learning in science. Model pembelajaran children learning in science menciptakan kondisi belajar yang menyenangkan dan memudahkan proses pembelajaran, sehingga siswa tertarik dan termotivasi untuk mengikuti proses pembelajaran, yang pada akhirnya dapat memaksimalkan hasil belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh penggunaan model children learning in science terhadap hasil belajar IPAS. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SDN 02 Bandar yang berjumlah 14 siswa. Metode yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan desain penelitian Pre-Eksperimental Design dengan alur penelitian One-Group Pretest-Posttest dan menggunakan teknik sampling jenuh. Teknik pengambilan data menggunakan lembar tes dalam bentuk soal uraian. Hasil dari analisis data penelitian yang telah dilakukan uji normalitas dan uji paired sample t test pada pretest dan posttest berdistribusi normal. Hasil uji paired sample t test menunjukkan bahwa nilai sig.(2-tailed) 0,000 < 0,05 maka Ho ditolak dan Ha diterima. Artinya hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya pengaruh model pembelajaran children learning in science (CLIS) terhadap hasil belajar IPAS. Kata Kunci: Hasil Belajar, Model Pembelajaran Children Learning in Science

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Pustakawan 4 UNISSULA
Date Deposited: 21 May 2025 03:30
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/40448

Actions (login required)

View Item View Item