PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF GRUP INVESTIGATION MENGGUNAKAN MEDIA KAHOOT TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PADA MATERI KERAGAMAN BUDAYA INDONESIA KELAS V SDN GEBANG SARI 2

HUTAMI, DHINIATI RAHMA (2025) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF GRUP INVESTIGATION MENGGUNAKAN MEDIA KAHOOT TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PADA MATERI KERAGAMAN BUDAYA INDONESIA KELAS V SDN GEBANG SARI 2. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)_34302100049_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (143kB)
[img] Text
Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)_34302100049_fullpdf.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh model pembelajaran kooperatif Group Investigation yang menggunakan media Kahoot terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada materi keragaman budaya Indonesia di kelas V SDN Gebang Sari 2. Problematika yang dihadapi adalah rendahnya motivasi dan keterlibatan siswa dalam pembelajaran, yang berdampak pada kemampuan berpikir kritis mereka. Metode yang digunakan adalah kuantitatif dengan desain preexperimental, khususnya one-group pretest-posttest design. Sampel penelitian terdiri dari 22 siswa yang diambil dari populasi kelas V. Data dikumpulkan melalui tes pretest dan posttest yang dirancang untuk mengukur kemampuan berpikir kritis siswa. Hasil analisis menunjukkan bahwa rata-rata nilai pretest siswa adalah 54,5, sedangkan rata-rata nilai posttest meningkat menjadi 80, dengan 11 siswa mencapai ketuntasan. Uji paired sample t-test menunjukkan nilai sig. 0,000, yang mengindikasikan adanya perbedaan signifikan antara pretest dan posttest. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif Group Investigation dengan media Kahoot secara signifikan meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa. Oleh karena itu, disarankan agar guru menerapkan model ini dalam pembelajaran untuk meningkatkan keterlibatan dan pemahaman siswa. Kata Kunci: Model Pembelajaran Kooperatif, Grup Investigation, Media Kahoot, dan Kemampuan Berpikir Kritis

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Pustakawan 4 UNISSULA
Date Deposited: 21 May 2025 03:31
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/40446

Actions (login required)

View Item View Item