ANALISIS LITERASI NUMERASI SISWA KELAS V SD NEGERI 01 SONOKULON TERHADAP SOAL CERITA MATEMATIKA

Munawaroh, Dewi (2025) ANALISIS LITERASI NUMERASI SISWA KELAS V SD NEGERI 01 SONOKULON TERHADAP SOAL CERITA MATEMATIKA. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)_34302100048_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (313kB)
[img] Text
Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)_34302100048_fullpdf.pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis literasi numerasi siswa kelas V SDN 01 Sonokulon terhadap soal cerita matematika materi bilangan cacah. Literasi numerasi diukur berdasarkan kemampuan siswa dalam memahami konsep matematika dan mengaplikasikannya dalam kehidupan sehari-hari, yang meliputi pemahaman angka, tabel, grafik, serta kemampuan menganalisis dan menafsirkan informasi matematika. Jenis penelitian ini menggunakan studi kasus. Metode penelitian yang digunakan yaitu penelitian deksriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V dengan jumlah 6 siswa. Pengambilan subjek menggunakan cara Purposive Sampling. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data berdasarkan teori Miles, Huberman, dan Saldana (2014) yaitu kondensasi data, penyajan data, dan penarikan kesimpulan dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa literasi numerasi siswa berada pada tingkat sedang, dengan guru berhasil mengintegrasikan literasi numerasi dalam pembelajaran matematika. Siswa dikelompokkan dalam tiga kategori berdasarkan kemampuan literasi numerasi mereka: kategori tinggi, sedang, dan rendah. Siswa dengan kategori tinggi mampu memenuhi ketiga indikator literasi numerasi, yaitu menggunakan berbagai angka dan simbol, menganalisis informasi matematika, dan menafsirkan hasil analisis. Siswa dengan kategori sedang memenuhi dua indikator, sedangkan siswa dengan kategori rendah hanya memenuhi satu indikator. Berdasarkan hasil penelitian, disarankan agar guru terus mengembangkan metode pembelajaran yang efektif, seperti soal cerita matematika, untuk meningkatkan literasi numerasi siswa. Penggunaan soal cerita yang mengintegrasikan literasi membaca dan numerasi dapat membantu siswa mengembangkan keterampilan dalam menganalisis dan menyelesaikan masalah matematika yang relevan dengan kehidupan sehari-hari. Kata Kunci: Literasi Numerasi, Soal Cerita Matematika, Pembelajaran Matematika, Siswa SD

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Pustakawan 4 UNISSULA
Date Deposited: 21 May 2025 03:32
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/40445

Actions (login required)

View Item View Item