ANALISIS KEMAMPUAN LITERASI BACA TULIS MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA BERBASIS MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA PAPAN KOSA KATA SISWA SEKOLAH DASAR

LAILA, CHILMA (2025) ANALISIS KEMAMPUAN LITERASI BACA TULIS MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA BERBASIS MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA PAPAN KOSA KATA SISWA SEKOLAH DASAR. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)_34302100045_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (148kB)
[img] Text
Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)_34302100045_fullpdf.pdf

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan literasi baca tulis pada mata pelajaran Bahasa Indonesia siswa kelas 1 SD Negeri Daleman yang diterapkan melalui model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dengan bantuan media papan kosa kata. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi, yang kemudian dianalisis menggunakan teknik analisis data kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran PBL berbantuan media papan kosa kata dapat meningkatkan kemampuan literasi baca tulis siswa. Namun, dalam pelaksanaan pembelajaran di kelas 1 SD Negeri Daleman belum sepenuhnya melaksanakan model pembelajaran Problem Based Learning. Problem Based Learning bertujuan untuk membuat siswa lebih terlihat lebih aktif dalam mengikuti pembelajaran, mampu memahami kosakata baru, serta dapat menghubungkan pengetahuan yang dipelajari dengan masalah kehidupan sehari-hari. Selain itu, penggunaan media papan kosa kata juga membantu siswa dalam meningkatkan penguasaan kosakata dan keterampilan menulis mereka. Secara keseluruhan, model pembelajaran ini terbukti efektif dalam meningkatkan keterampilan literasi baca tulis khususnya di kelas rendah seperti siswa kelas 1 SD Negeri Daleman. Penelitian ini memberikan kontribusi terhadap pengembangan metode pembelajaran yang kreatif dan inovatif dalam meningkatkan kemampuan literasi di tingkat pendidikan dasar. Kata Kunci: Literasi Baca Tulis, Pelajaran Bahasa Indonesia, Model Pembelajaran Problem Based Learning, Media Papan Kosa Kata

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Pustakawan 4 UNISSULA
Date Deposited: 08 May 2025 04:08
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/40443

Actions (login required)

View Item View Item