PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN E-COMIC UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN LITERASI BUDAYA MATERI KEBUDAYAAN INDONESIA KELAS III SEKOLAH DASAR

Hakimun, Aurasti (2025) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN E-COMIC UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN LITERASI BUDAYA MATERI KEBUDAYAAN INDONESIA KELAS III SEKOLAH DASAR. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)_34302100043_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (495kB)
[img] Text
Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)_34302100043_fullpdf.pdf

Download (3MB)

Abstract

Pemanfaatan teknologi digital seperti e-comic menjadi semakin penting pada perkembangan zaman di era globalisasi saat ini, karena dapat meningkatkan efektivitas literasi budaya dalam pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan media pembelajaran e-comic dalam meningkatkan kemampuan literasi budaya, khususnya pada materi kebudayaan Indonesia. Minimnya inovasi media pembelajaran mengakibatkan turunnya literasi pada peserta didik salah satunya literasi budaya. Metode yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Subjek penelitian adalah peserta didik kelas III SDN Daleman. Penilaian dari ahli media, ahli materi, dan ahli bahasa menunjukkan tingkat kelayakan sebesar 92% dengan kategori “Sangat Layak”. Hasil uji t-test menunjukkan adanya peningkatan signifikan pada kemampuan literasi budaya peserta didik, dengan rata-rata nilai pretest sebesar 74 meningkat menjadi 93,6 pada posttest setelah mengimplementasikan media e-comic. Sedangkan pada hasil uji paired sample t test diperoleh sig (2-tailed) = 0,000<0,05 yang artinya terjadi perbedaan sebelum dan sesudah menggunakan media pembelajaran e-comic. Selain itu, uji gain menunjukkan nilai 75,0297 yang menegaskan bahwa terinterpretasi tinggi dengan 0,70 ≤ g ≤ 1,00. Hal ini dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran e-comic sangat efektif, layak, dan praktis untuk meningkatkan kemampuan literasi budaya peserta didik yang berisikan penjelaskan materi kebudayaan Indonesia mata pelajaran IPS (Ilmu Pengetahuan Sosial) kelas III di SDN Daleman. Kata Kunci: Media Pembelajaran, Komik Digital, Ilmu Pengetahuan Sosial

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Pustakawan 4 UNISSULA
Date Deposited: 08 May 2025 04:09
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/40442

Actions (login required)

View Item View Item