PROJECT BASED LEARNING BERBANTUAN APLIKASI AUGMENTED REALITY TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP DAN KECEMASAN MATEMATIS PADA MATERI BANGUN RUANG DI KELAS V SD

AZIBAH, ARIFATUL (2025) PROJECT BASED LEARNING BERBANTUAN APLIKASI AUGMENTED REALITY TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP DAN KECEMASAN MATEMATIS PADA MATERI BANGUN RUANG DI KELAS V SD. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)_34302100040_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (56kB)
[img] Text
Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)_34302100040_fullpdf.pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk 1) Menguji efektivitas model pembelajaran Project Based Learning yang berbantuan Aplikasi Augmented Reality terhadap pemahaman konsep pada materi Bangun Ruang kelas V SD. 2) Mengukur pengaruh Project Based Learning berbantuan Aplikasi Augmented Reality dalam mengurangi kecemasan matematis siswa pada materi Bangun Ruang. Metode yang digunakan adalah eksperimen dengan desain Post-test Only Control Design, melibatkan populasi 57 siswa kelas V SDN Tlogomulyo yang dibagi menjadi dua kelompok: eksperimen dan kontrol. Sampel diambil secara acak menggunakan Simple Random Sampling. Data dikumpulkan melalui tes dan angket. Hasil penelitian menunjukkan uji Independent Sample T-Test menghasilkan nilai Sig. (2-tailed) < 0.01, yang menandakan perbedaan signifikan antara nilai posttest kelas eksperimen dan kontrol. Selain itu, uji Paired Sample T-Test 1 menunjukkan nilai Sig. (2-tailed) < 0.05, sehingga Ho ditolak dan Ha diterima, mengindikasikan adanya perbedaan kecemasaan matematis kelas eksperimen sebelum dan sesudah diberi perlakuan. Uji Paired Sample T-Test 2 menunjukkan nilai Sig. (2-tailed) > 0.05, yang berarti Ho diterima dan Ha ditolak, sehingga dapat disimpulkan tidak terdapat perbedaan kecemasaan matematis kelas kontrol sebelum dan sesudah pembelajaran dengan metode konvensional. Kata Kunci: Project Based Learning (PjBL), Augmented Reality (AR), Pemahaman Konsep, Kecemasan Matematis

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Pustakawan 4 UNISSULA
Date Deposited: 08 May 2025 04:10
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/40441

Actions (login required)

View Item View Item