PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN READ ANSWER DISCUSS EXPLAIN CREATE BERBANTUAN MEDIA PUZZLE TERHADAP KEMAMPUAN BERNALAR KRITIS PENDIDIKAN PANCASILA PADA KELAS IV SEKOLAH DASAR

Aini, Annisa Qurrotul (2025) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN READ ANSWER DISCUSS EXPLAIN CREATE BERBANTUAN MEDIA PUZZLE TERHADAP KEMAMPUAN BERNALAR KRITIS PENDIDIKAN PANCASILA PADA KELAS IV SEKOLAH DASAR. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)_34302100038_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (54kB)
[img] Text
Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)_34302100038_fullpdf.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penggunaan model pembelajaran dan media pembelajaran yang belum inovatif pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila di jenjang sekolah dasar. Model pembelajaran dan media pembelajaran yang dapat mengembangkan kemampuan bernalar kritis tersebut adalah model pembelajaran RADEC (Read, Answer, Discuss, Explain, Create) dan media pembelajaran puzzle. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Read Answer Discuss Explain Create berbantuan puzzle terhadap kemampuan bernalar kritis Pendidikan Pancasila. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dalam pre experimental dengan jenis penelitian one group pretestposttest design. Sampel yang digunakan yaitu 11 siswa kelas IV SDN Pulo. Teknik pengumpulan data berupa teknik tes, dengan menggunakan soal tes kemampuan bernalar kritis. Dari hasil uji hipotesis paired sample t test menunjukkan hasil nilai sig. (2-tailed) 0,000 < 0,05, karena nilai sig. (2-tailed) < α maka H₀ ditolak. Maka terdapat perbedaan pada kemampuan bernalar kritis yang signifikan antara sebelum dan sesudah menggunakan model pembelajaran RADEC berbantuan media puzzle. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh dari penerapan model pembelajaran Read Answer Discuss Explain Create Terhadap Kemampuan Bernalar Kritis Siswa Kelas IV SDN Pulo. Kata Kunci: Read Answer Discuss Explain Create, Kemampuan Bernalar Kritis

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Pustakawan 4 UNISSULA
Date Deposited: 08 May 2025 03:58
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/40440

Actions (login required)

View Item View Item