PENGARUH PROBLEM BASED LEARNING DENGAN PENDEKATAN FUN LEARNING BERBANTUAN MOBIL BALAP PINTAR TERHADAP KEMAMPUAN BERHITUNG SISWA KELAS 1 SDN KARANGROTO 04

Adiriansyah, Adiriansyah (2025) PENGARUH PROBLEM BASED LEARNING DENGAN PENDEKATAN FUN LEARNING BERBANTUAN MOBIL BALAP PINTAR TERHADAP KEMAMPUAN BERHITUNG SISWA KELAS 1 SDN KARANGROTO 04. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)_34302100031_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (148kB)
[img] Text
Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)_34302100031_fullpdf.pdf

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Adiriansyah. 2025. Pengaruh Problem Based Learning Dengan Pendekatan Fun Learning (Pembeljaran Menyenangkan) Berbantuan Mobil Balap Pintar Terhadap Kemampuan Berhitung Siswa Kelas 1 di SDN Karangroto 04. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Islam Sultan Agung. Pembimbing: Dr. Yunita Sari, S.Pd.,M.Pd. Penelitian ini didasari oleh rendahnya kemampuan berhitung siswa kelas 1. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh Problem Based Learning dengan pendekatan Fun Learning berbantuan Mobil Balap Pintar terhadap kemampuan berhitung siswa kelas 1 di SDN Karangroto 04 TA. 2024/2025. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode Pre-eksperimen yang menggunakan desain penelitian One-Group Prestest-Postest. Penelitian ini melibatkan 24 siswa kelas 1 sebagai sempel. Instrument penelitianyang digunakan adalah tes kemampuan berhitung. Pengambilan data pertama yaitu pre-tets sebelum diberikan perlakuan dan pengambilan data kedua yaitu post-test setelah diberikan perlakuan. Hasil penelitian kedua data yang sudah diambil yaitu pre-test dan posttest memiliki persebaran normal diketahui melalui uji normalitas. Nilai Sig. pre-test sebesar 0,012 dan nilai Sig. post-test sebesar 0,017. Suatu data dikatakan normal jika nilai Sig. > α dengan α = 0,01. Selanjutnya uji hipotesis menggunakan Uji T (Paired Sample T-Test), Ho diterima jika Lower bernilai negative dan Upper bernilai positif. Akan tetapi hasil Uji T (Paired Sample T-Test) menunjukan bahwa nilai Lower dan Upper negative yaitu -1,450 dan -0,300, maka Ho ditolak dan Ha diterima. Artinya, terdapat pengaruh metode Fun Learning berbantuan Mobil Balap Pintar terhadap kemampuan berhitung siswa kelas 1 di SDN Karangroto 04 TA. 2024/2025. Kata Kunci: Fun Learning, Kemampuan Berhitung, Media Pembelajaran

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Pustakawan 4 UNISSULA
Date Deposited: 08 May 2025 03:59
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/40438

Actions (login required)

View Item View Item