Norhayati, Layli (2025) KOMBINASI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DENGAN TALKING STICK TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS DAN SIKAP KOLABORATIF SISWA KELAS IV SD. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.
![]() |
Text
Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)_34302100025_pernyataan_publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (250kB) |
![]() |
Text
Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)_34302100025_fullpdf.pdf Download (7MB) |
Abstract
Penelitian ini berfokus pada model pembelajaran kombinasi model pembelajaran Problem Based Learning dengan Talking Stick dalam meningkatkan pemahaman konsep matematis dan sikap kolaboratif siswa. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh kombinasi model pembelajaran Problem Based Learning dengan Talking Stick terhadap pemahaman konsep matematis, dan untuk mengetahui pengaruh sikap kolaboratif pada kombinasi model pembelajaran Problem Based Learning dengan Talking Stick terhadap pemahaman konsep matematis. Metode penelitian yang digunakan yaitu kuantitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan lembar angket. Lembar tes uraian 8 soal untuk mengukur pemahaman konsep matematis dan lembar angket 10 pernyataan untuk mengukur sikap kolaboratif. Teknik analisis data menggunakan uji prasyarat yaitu uji normalitas dan analisis data hipotesis yaitu uji paired t-test, uji gain (N-gain) dan uji regresi linier. Hasil uji paired t-test diperoleh sig. sebesar = 0,000, dapat ditulis menjadi 0,000 < 0,05, maka H0 di tolak, H1 diterima. Jadi, terdapat perbedaan prestasi belajar yang signifikan antara sebelum dan sesudah menggunakan kombinasi model pembelajaran Problem Based Learning dengan Talking Stick. Hasil uji N-gain sebesar 0,660 yang menunjukkan peningkatan pada kriteria sedang. Hasil uji regresi sikap kolaboratif signifikan dengan persamaan regresi liniernya adalah Ŷ = 2,635 + 0,937 x dan dengan besar koefisien determinasi pengaruhnya 30,5%. Kata kunci : Problem Based Learning, Talking Stick, Pemahaman Konsep Matematis, Sikap Kolaboratif.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Pustakawan 4 UNISSULA |
Date Deposited: | 08 May 2025 03:44 |
URI: | http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/40437 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |