PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN REACT BERBANTUAN LIVEWORKSHEET TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS KELAS 5 SD N 2 MRISI

Paramitha, Prajna Restu (2025) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN REACT BERBANTUAN LIVEWORKSHEET TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS KELAS 5 SD N 2 MRISI. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)_34302100024_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (154kB)
[img] Text
Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)_34302100024_fullpdf.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran REACT (Relating, Experiencing, Applying, Cooperating, Transferring) berbantuan liveworksheet terhadap kemampuan berpikir kritis matematis. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan desain penelitian pre-experimental designs yang digunakan adalah one-group pretest-posttest design. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu Tes. Instrumen penelitian yaitu tes kemampuan berpikir kritis matematis. Penelitian ini dilaksanakan di SD N 2 Mrisi dengan populasi dan sampel peserta didik kelas V SD N 2 Mrisi. Teknik analisis data menggunakan uji statistic parametrik yaitu paired sample t-test dan N-gain. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa model pembelajaran REACT berbantuan Liveworksheet memberikan pengaruh yang signifikan terhadap peningkatan kemampuan berpikir kritis matematis peserta didik. Hasil uji statistik menunjukkan bahwa uji paired sample t – test diperoleh nilai Sig. sebesar 0,00 yang artinya terdapat peningkatan yang signifikan antara nilai rata-rata kemampuan berpikir kritis matematis sebelum dan sesudah diberikan model pembelajaran REACT berbantuan Liveworksheet. Besarnya peningkatan diperoleh dari nilai N-Gain sebesar 0,5396 menunjukkan bahwa peningkatan yang terjadi berada dalam kategori sedang. Kata kunci : model pembelajaran REACT, liveworksheet, kemampuan berpikir kritis, matematis

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Pustakawan 4 UNISSULA
Date Deposited: 08 May 2025 03:37
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/40436

Actions (login required)

View Item View Item