Isrianti, Diana (2025) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA DIGITAL INTERAKTIF TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATA PELAJARAN IPAS SISWA KELAS V SD. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.
![]() |
Text
Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)_34302100018_fullpdf.pdf Download (4MB) |
![]() |
Text
Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)_34302100018_pernyataan_publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (52kB) |
Abstract
Berbantuan Media Digital Interaktif Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Mata Pelajaran IPAS Siswa Kelas V SD, Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Islam Sultan Agung. Pembimbing : Dr. Yulina Ismiyanti, S.Pd., M.Pd. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh model pembelajaran Project Based Learning berbantuan media digital interaktif terhadap kemampuan berpikir kritis mata pelajaran IPAS siswa kelas V SD Islam Al Fattah. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan desain penelitian PreEksperimental Design jenis One Group Pretest-Posttest Design. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas VB SD Islam Al Fattah yang berjumlah 15 siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan bentuk tes tipe uraian sebanyak 10 soal yang diberikan pada saat pretest dan post-test. Teknik analisis data meliputi instrumen penelitian yang terdiri dari uji validitas, reliabilitas, daya pembeda, dan tingkat kesukaran, selanjutnya uji normalitas dan dan uji hipotesis Paired Sample T-Test untuk mengetahui perbandingan skor rata-rata pretest dan post-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran Project Based Learning berbantuan media digital interaktif dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa. Hal ini dibuktikan dengan perbedaan nilai rata-rata pada saat pretest sebesar 44,07 dan pada saat post-test sebesar 86,33. Pada hasil uji Paired Sample T-Test diperoleh nilai sig. (2-tailed) yaitu 0,000 < 0,05 maka H0 ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Project Based Learning berbantuan media digital interaktif berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kritis mata pelajaran IPAS siswa kelas V SD Islam Al Fattah. Kata Kunci : Project Based Learning, Media Digital Interaktif, Berpikir Kritis
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Pustakawan 4 UNISSULA |
Date Deposited: | 08 May 2025 03:33 |
URI: | http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/40435 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |