ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA DIFABEL BERBANTUAN ALAT PERAGA UANG ASLI DENGAN PENDEKATAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATIONS

Nurhalisah, Siti (2025) ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA DIFABEL BERBANTUAN ALAT PERAGA UANG ASLI DENGAN PENDEKATAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATIONS. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
Pendidikan Matematika_34202100036_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (32kB)
[img] Text
Pendidikan Matematika_34202100036_fullpdf.pdf

Download (5MB)

Abstract

Pendidikan merupakan salah satu kebutuhan dasar yang harus dimiliki oleh setiap anak, termasuk anak berkebutuhan khusus. Dalam konteks pendidikan, anak berkebutuhan khusus merujuk pada anak yang memiliki kebutuhan unik yang salah satunya juga mempengaruhi cara belajar mereka. Banyak siswa difabel yang kurang terfasilitasi dalam belajarnya, terutama dalam pengadaan alat peraga. Penelitian ini bertujuan untuk mengenalkan dan mengembangkan alat peraga uang asli dengan pendekatan realistic mathematics educations dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa difabel di SLB. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi partisipatif, wawancara, analisis dokumen, dan instrumen tes. Analisis data yang digunakan adalah uji kredibilitas, uji dependability, dan uji konfirmabilitas. Subjek penelitian terdiri dari siswa kelas atas (dewasa) dengan rentang usia 14-24 tahun di SLB Mutiara Bangsa, Kendal yang terdiri dari tiga kategori difabel yaitu difabel grahita, difabel rungu, dan downsyndrome. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan uang asli sebagai alat peraga matematika dalam materi jual beli dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa difabel, yang ditinjau dari hasil tes dan wawancara siswa. Penelitian ini juga menunjukkan bahwa alat peraga uang asli ini sangat efektif dan efisien terbukti dari respon siswa. Dengan ini, penggunaan uang asli sebagai alat peraga bisa dijadikan acuan alat peraga di sekolah-sekolah yang memfasilitasi siswa berkebutuhan khusus. Kata kunci: Alat Peraga Uang, Pemecahan Masalah Matematis, Siswa Difabel

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Pustakawan 4 UNISSULA
Date Deposited: 08 May 2025 03:35
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/40434

Actions (login required)

View Item View Item