Mu’alamah, Naila Nafisatun (2025) ANALISIS LITERASI MATEMATIKA MELALUI PULL OUT PHOTO MATH BOX BERBASIS TEKNOLOGI AUGMENTED REALITY PADA SISWA TUNARUNGU. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.
![]() |
Text
Pendidikan Matematika_34202100032_pernyataan_publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (52kB) |
![]() |
Text
Pendidikan Matematika_34202100032_fullpdf.pdf Download (9MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis literasi matematika siswa tunarungu melalui penggunaan media pembelajaran pull out photo math box berbasis teknologi augmented reality. Literasi matematika merupakan keterampilan penting yang mencakup merumuskan, menerapkan, dan menafsirkan konsep matematika dalam kehidupan nyata. Siswa tunarungu sering mengalami kesulitan dalam memahami konsep abstrak, terutama pada materi geometri bangun datar. Oleh karena itu, penggunaan pull out photo math box berbasis teknologi augmented reality diharapkan dapat meningkatkan kemampuan mereka dalam memahami materi serta memenuhi indikator literasi matematika. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan subjek siswa tunarungu kelas IV SLB Negeri Semarang berjumlah 8 siswa. Pengambilan subjek dilakukan dengan teknik purposive sampling. Data dikumpulkan melalui tes literasi matematika, dan wawancara yang dilakukan terhadap satu siswa untuk setiap kategori tinggi, sedang, dan rendah. Analisis data dilakukan dengan tahapan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan untuk mengidentifikasi peningkatan literasi matematika siswa setelah menggunakan media pembelajaran pull out photo math box berbasis teknologi augmented reality. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran dengan pull out photo math box berbasis teknologi augmented reality meningkatkan literasi matematika siswa tunarungu. Siswa dengan kategori tinggi mampu memenuhi ketiga indikator literasi matematika, sementara siswa kategori sedang memenuhi dua indikator, dan siswa kategori rendah hanya mampu memenuhi satu indikator. Selain itu, siswa kategori tinggi, sedang, dan rendah menunjukkan respons positif terhadap penggunaan media pull out photo math box berbasis teknologi augmented reality yang dianggap menarik, interaktif, dan membantu dalam memahami konsep bangun datar. Kata kunci: Augmented Reality, Literasi Matematika, Media Visual, Pull Out Photo math Box, Tunarungu
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Pustakawan 4 UNISSULA |
Date Deposited: | 08 May 2025 03:38 |
URI: | http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/40431 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |