ANALISIS MODEL PEMBELAJARAN LOK-R BERBASIS E-MODUL TERHADAP LITERASI MATEMATIKA SISWA SMP

Shabila, Anggun Ananta (2025) ANALISIS MODEL PEMBELAJARAN LOK-R BERBASIS E-MODUL TERHADAP LITERASI MATEMATIKA SISWA SMP. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
Pendidikan Matematika_34202100021_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (248kB)
[img] Text
Pendidikan Matematika_34202100021_fullpdf.pdf

Download (12MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pembelajaran matematika peserta didik kelas 8 SMP menggunakan model pembelajaran LOK-R berbasis EModul pada materi SPLDV, literasi matematika kategori tinggi, sedang, dan rendah setelah diterapkan model pembelajaran LOK-R berbasis E-Modul, serta dapat mengetahui guru peserta didik berkategori tinggi, sedang, dan rendah setelah pengaplikasian model pembelajaran LOK-R berbasis E-Modul pada materi SPLDV SMP kelas 8. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif karena tujuan dari penelitian berfokus pada fase deskripsi. Subjek yang peneliti gunakan adalah peserta didik kelas 8 SMP. Pengambilan subjek menggunakan cara Purposive Sampling. Data penelitian yang diperoleh berupa data tes tertulis dan wawancara. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, tes, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan melalui tahap reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa setelah pembelajaran menggunakan model pembelajaran LOK-R berbasis E-Modul, nampak literasi matematika peserta didik berkategori tinggi setelah pembelajaran dengan model pembelajaran LOK-R berbasis E-Modul yaitu peserta didik telah memenuhi 3 indikator literasi matematika, peserta didik berkategori sedang memenuhi 2 dari 3 indikator literasi matematika, dan peserta didik berkategori rendah memenuhi 1 dari 3 indikator literasi matematika. Guru dan peserta didik memberikan pandangan positif mengenai model pembelajaran LOK-R yang menarik dan membangkitkan minat siswa untuk belajar, serta ada kesesuaian dengan peserta didik era sekarang yang sudah terbiasa menggunakan gadget. Kata kunci: LOK-R, E-Modul, Literasi Matematika, SPLDV

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Pustakawan 4 UNISSULA
Date Deposited: 08 May 2025 03:40
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/40428

Actions (login required)

View Item View Item