Rohmah, Erlina Maf’atun (2025) ANALISIS LITERASI MATEMATIKA SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL PISA KONTEN SPACE AND SHAPE DITINJAU DARI METACOGNITIVE AWARENESS. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.
![]() |
Text
Pendidikan Matematika_34202100003_fullpdf.pdf Download (6MB) |
![]() |
Text
Pendidikan Matematika_34202100003_pernyataan_publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (44kB) |
Abstract
Literasi matematika adalah kemampuan penting siswa dalam merumuskan, menerapkan, dan menginterpretasikan matematika untuk memecahkan masalah nyata. Survei PISA di Indonesia dan observasi SMA Negeri 10 Semarang memperlihatkan bahwa literasi matematika masih perlu ditingkatkan, terutama pada konten space and shape. Metacognitive awareness memungkinkan siswa merencanakan, memantau, dan mengevaluasi strategi penyelesaian masalah secara efektif menjadi faktor kunci yang belum banyak dieksplorasi dalam konteks literasi matematika diIndonesia. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis literasi matematika siswa dalam menyelesaikan soal PISA pada konten space and shape ditinjau dari kesadaran metakognitif. Metode yang digunakan adalah pendekatan deskriptif kualitatif dengan pengumpulan data melalui angket, tes literasi matematika, dan wawancara dimana telah divalidasi ahli. Data dianalisis melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Subjek penelitian adalah 26 siswa kelas X-3 SMA Negeri 10 Semarang, yang dikategorikan berdasarkan angket metacognitive awareness menjadi 3 kategori yaitu kategori rendah, sedang dan tinggi. Hasil penelitian memperlihatkan bahwa 15,38% siswa dengan metacognitive awareness rendah memenuhi satu indikator literasi matematika, yaitu merumuskan masalah. Siswa dengan metacognitive awareness sedang (65,38%) memenuhi dua indikator: merumuskan masalah dan menerapkan konsep. Sementara itu, siswa dengan metacognitive awareness tinggi (19,23%) memenuhi tiga indikator: merumuskan, menerapkan, dan menginterpretasikan matematika. Penelitian ini menegaskan pentingnya metacognitive awareness dalam meningkatkan literasi matematika. Kata Kunci: Literasi Matematika, PISA, Space and Shape, Metacognitive Awareness
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Pustakawan 4 UNISSULA |
Date Deposited: | 08 May 2025 03:41 |
URI: | http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/40426 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |