Argadinata, Ayunda (2025) PENGEMBANGAN E-MODUL BERBASIS KOMIK ETNOMATEMATIKA DENGAN MODEL ICARE DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS SISWA. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.
![]() |
Text
Pendidikan Matematika_34202100002_fullpdf.pdf Download (3MB) |
![]() |
Text
Pendidikan Matematika_34202100002_pernyataan_publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (40kB) |
Abstract
Pembelajaran matematika di SMP masih menghadapi tantangan dalam meningkatkan kemampuan representasi matematis siswa. Salah satu penyebabnya adalah minimnya penggunaan media pembelajaran yang inovatif dan kontekstual. Etnomatematika sebagai pendekatan pembelajaran yang menghubungkan matematika dengan budaya lokal berpotensi meningkatkan pemahaman siswa terhadap konsep matematika. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan EModul berbasis Komik Etnomatematika dengan Model ICARE yang layak dan efektif dalam meningkatkan kemampuan representasi matematis siswa pada materi Statistika kelas VIII. Metode penelitian adalah R&D dengan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari lima tahap yakni Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII C SMP Negeri 20 Semarang. Instrumen yang digunakan meliputi lembar validasi ahli media, ahli materi serta angket respon siswa, angket respon guru dan tes kemampuan representasi matematis. Validasi dilakukan untuk menilai kelayakan E-Modul, sementara uji coba lapangan dilakukan untuk mengetahui efektivitasnya dalam meningkatkan kemampuan representasi matematis siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa E-Modul yang dikembangkan memenuhi kriteria sangat valid, sangat praktis, dan efektif. Sehingga siswa menunjukkan peningkatan kemampuan representasi matematis setelah menggunakan E-Modul berbasis Komik Etnomatematika dengan Model ICARE. Disarankan bagi guru untuk dapat mengadaptasi E-Modul ini dengan materi lain dalam memperkaya pembelajaran matematika yang berbasis budaya, digital, dan interaktif. Kata Kunci: E-Modul, Etnomatematika, Komik, Model ICARE, Representasi Matematis
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Pustakawan 4 UNISSULA |
Date Deposited: | 08 May 2025 04:00 |
URI: | http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/40421 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |